STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Secara  umum  strategi  evaluasi atau penilaian  hasil  belajar  bahasa  Indonesia  dilakukan  dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, tindak lanjut, dan pelaporan  hasil.    
Secara  khusus  evaluasi  hasil  belajar  bahasa  Indonesia  dilakukan dengan langkah berikut.
1. Membuat  pemetaan  satu    tahun/satu  semester  untuk  menghasilkan unit-unit  KD  yang  mencakup  KD  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan yang relevan
2. Menentukan  indikator    kompetensi  dasar  sikap,  pengetahuan,  dan keterampilan  (dipilih indikator kunci) 
3. Menentukan  bentuk penilaian dan waktu pelaksanaan penilaian
4. Mengembangkan alat penilaian sesuai dengan indikator
5. Menentukan  cara  menyekor  dan  menyimpulkan  hasil  penilaian 
6. Melaksanakan penilaian
7. Menganalisis hasil penilaian
8. Melakukan tindak lanjut 

Ditinjau  dari  pelaksanaannya,    evaluasi atau penilaian hasil  belajar  bahasa  Indonesia dapat  dilakukan  selama  proses  pembelajaran  dan/ atau  setelah pembelajaran.  Hasil  belajar  sikap  diamati  selama    proses  pembelajaran berlangsung.    Hasil  belajar  keterampilan  dilakukan    pada  akhir pembelajaran dengan teknik penugasan proyek.


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post