INFO TERBARU GAJI PNS / ASN TAHUN 2017

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, January 6, 2017


GAJI  POKOK PNS / ASN 2017
Update info Gaji PNS / ASN 2017
Apakah akan ada kenaikan gaji PNS di tahun 2017 ini?  Mengacu pada Pidato Presiden pada saat penyampaian RAPBN 2017 pada bulan Agustus 2016 yang lalu tidak disinggung adanya  kenaikan gaji PNS di 2017 ini. Sebagaimana telah diinformasikan dalam berbagai media  Kementerian Keuangan tidak akan menambah anggaran belanja pegawai di dalam Rancangan APBN 2017. Hal itu berarti tidak akan ada kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2017


Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, memaparkan kebijakan tidak adanya  kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2017 sama seperti di 2016. Pasalnya pemerintah sedang melakukan efisiensi dan penghematan anggaran negara.

"Intinya sama dengan kebijakan di 2016, usulan tidak ada kenaikan gaji PNS jadi kegiatan itu," ujar Askolani di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Askolani memaparkan pemerintah tidak punya alasan khusus untuk menaikkan gaji PNS. Sampai sekarang pun belum ada alokasi khusus untuk anggaran belanja di pemerintah pusat. "Nggak ada alasan, rencana baru itu," kata Askolani.

Sebelumnya diberitakan dalam Pagu Anggaran K/L 2017 utamanya pada belanja Operasional Barang. Tujuannya agar lebih efisien dan efektif. Total pagu anggaran Rancangan APBN 2017 sebesar Rp 1.310,4 triliun. Rencananya alokasi tersebut diberikan untuk belanja Kementerian dan Lembaga Rp 758,4 miliar. Pembayaran Bunga Utang Rp 221,4 miliar, subsidi Rp 174,9 miliar dan lainnya Rp 155,8 miliar.

Saat ini pemerintah pusat tengah melakukan efisiensi anggaran sehingga sejumlah kementerian dan lembaga negara dipotong anggarannya. 


Info Sebelumnya tentang Gaji PNS / ASN 2017 2018 2019 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa Penundaan DAU tidak mengganggu pencairan gaji PNS / ASN. Pemerintah melakukan pemangkasan anggaran daerah Rp 68,8 triliun di tahun ini. Dipastikan anggaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan guru tidak akan dipangkas.

"Kami tidak memotong gaji, jadi ada yang mengatakan saya tidak bisa membayar gaji pegawai saya itu tidak benar. Termasuk guru ada yang mengatakan kami tidak membayar gaji guru itu tidak benar," tegas Sri Mulyani saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa malam (30/8/2016).

Selain gaji, Sri Mulyani menegaskan, kegiatan yang sudah dikontrakkan di daerah juga tidak akan ditahan anggarannya. 

Komponen transfer ke daerah yang dipangkas adalah seperti penundaan pengucuran Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan juga Dana Bagi Hasil (DBH). 

"DAU kami tunda karena saya yakin itu keputusan terbaik saat ini, tidak betul-betul membebani daerah," ujar Sri Mulyani.

Secara total pemangkasan anggaran yang dilakukan pemerintah adalah Rp 133 triliun. Dari jumlah itu, bagian daerah yang dipangkas adalah Rp 68,8 triliun.

Pemerintah akan menahan pengucuran Dana Bagi Hasil (DBH) Rp 20,9 triliun, dana alokasi umum (DAU) Rp 19,4 triliun. Kemudian dana transfer khusus Rp 29,7 triliun, meliputi dana alokasi fisik sebesar Rp 6,02 triliun dan non fisik sebesar Rp 23,7 triliun.

Berita sebelumnya tentang info Gaji PNS / ASN
Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk pertama kalinya dalam sejarah PNS, pemerintah akan menyiapkan gaji ke-14. Gaji ini merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya.


Pemerintah sendiri menyatakan akan membayar gaji ke-14 untuk PNS sebelum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Kunta Nugraha mengatakan pembayaran gaji ke-14 berdekatan dengan pembayaran gaji ke-13. “Kemungkinan dekat-dekatan dengan lebaran,” katanya, Sabtu (7/5/2016).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi sebelumnya mengatakan gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat saat merayakan Idul Fitri. Pasalnya, menjelang hari raya, kebutuhan PNS pun meningkat.



Gaji ke-14 ini dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan jelang perayaan Lebaran. Karena jelang Lebaran, kebutuhan para PNS meningkat. Yuddy memastikan gaji 14 ini akan cair saat bulan Ramadan.

"Gaji ke-14 ini terkait THR, diberikan di bulan Ramadan, menjelang Lebaran. Selambat-lambatnya 10 hari sebelum Lebaran," tutur Yuddy.

Yuddy menambahkan, mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13, yang besarannya hanya satu kali dari gaji pokok. "Jadi gaji pokok saja, gaji pokok ini kan tergantung masing-masing golongan," kata dia.

Pemerintah telah menganggarkan dana puluhan triliun demi membayarkan gaji ke-14 PNS. Saat ini ada sekitar 4,5 juta PNS dengan golongan berbeda-beda.





"Kira-kira itu hampir Rp 80 triliun, besar sekali. Kalau belanja pegawai lebih dari itu, ratusan triliun malah, karena ada tunjangan penghasilan, tunjangan kinerja, semua itu masuk dalam belanja pegawai.‎ Kalau gaji ke-14 sekitar itu," kata Yuddy. 

Yuddy menambahkan, mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13, yang besarannya hanya satu kali dari gaji pokok. "Jadi gaji pokok saja, gaji pokok ini kan tergantung masing-masing golongan," ujar Yuddy.‎



Sementara menurut Askolani Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu sebagaimna dinyatakaan  dalam cnnindonesia.com gaji ke-14 atau istilah lain dari THR diberikan sesuai dengan gaji pokok ASN. Rencananya, abdi negara akan menerima gaji ke-14 lebih dahulu dibandingkan gaji ke-13 yaitu pada Juni atau sebelum perayaan Idul Fitri 1437 H yang diperkirakan jatuh pada 6-7 Juli 2016. Sedangkan gaji ke-13 akan dibayarkan ke Pegawai Sipil Negara (PNS) sesuai dengan gaji pokok dan tunjangan jabatan serta tunjangan lain. Peruntukkan dari gaji ke-13 adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak aparatur negara. 

“Waktu penyaluran gaji ke-13 dan ke-14 bisa saja berbeda. Masuk sekolah kan pada 18 Juli 2016. Sementara, lebaran 6 Juli ya. Biasanya, THR kan harus dikasihkan seminggu dua minggu sebelum lebaran,” tuturnya. 


Sebagai informasi, rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang Pemberian Gaji Ke-13 masih  dalam proses pengesahan. Saat ini, kedua RPP tersebut  masih berada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) setelah sebelumnya dilakukan harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia


Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengemukakan, pemerintah belum bisa merealisasikan kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun anggaran 2016 ini, karena harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Namun demikian, pemerintah akan tetap memberikan pemasukan ekstra bagi PNS, dengan memberikan gaji ke-13 dan ke-14.

“Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (25/1).


Mendagri meyakini, gaji ke-14 ini akan menjadi ekstra pemasukan bagi para pegawai. Meski sebelumnya, pemerintah sempat mewacanakan adanya kenaikan gaji, namun belum bisa direalisasikan. Pasalnya, harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Sebelumnya Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 6 triliun dalam APBN 2016.

Dana Taktis Kepala Daerah
Dalam kesempatan itu Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengemukakan, bahwa pemerintah sedang menyiapkan regulasi mengenai dana taktis kepala daerah. Regulasi ini dimaksudkan sebagai upaya agar dalam melaksanakan pemerintahan, tidak ada kendala yang berarti saat benar-benar ada kepentingan atau keperluan mendesak dalam urusan pemerintahan.

“Rp 100 miliar dana taktis kepala daerah mulai tahun ini sudah saya siapkan. Agar kepala daerah tidak lagi terkendala dalam melaksanakan pemerintahan,” tegas Tjahjo. 

Kenaikan Gaji PNS / ASN tahun 2016  akan diganti dengan pemberikan gaji ke-14 bagi pegawai negeri sipil (PNS). Gaji ke-14 akan diberikan saat hari raya karena itu disebut tunjangan hari raya (THR) dengan besaran satu kali gaji pokok.  Pengganti Kenaikan gaji PNS / ASN tahun 2016 berupa pemberikan gaji ke-14 sudah menganggarkan dana sebesar Rp 6 triliun dalam Rancangan Angggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. "Anggaran tahun depan sekitar Rp 6 triliunan ya, itu untuk pegawai pemerintah pusat ya. Kalau pemerintah daerah masuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masing-masing," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani di Jakarta, Senin (17/8).

Dalam Nota Keuangan dan RAPBN 2016 disebutkan bahwa pada tahun 2016, PNS akan mendapatkan gaji ke-14 atau Tunjangan hari Raya (THR) yang besarnya sama dengan satu kali gaji pokok. Seiring dengan kebijakan tersebut pada tahun 2016 pemerintah tidak akan lagi memberikan Kenaikan Gaji PNS / ASN. Tidak hanya PNS yang masih aktif, pensiunan PNS pun juga akan mendapatkan gaji ke 14 tersebut, namun jumlahnya tidak akan 100%, menurut rencana sekitar 50% dari gaji pokok

Askolani mengatakan dengan diberikannya gaji ke-14 atau THR tersebut sebagai pengganti Kenaikan Gaji PNS / ASN tahun 2016, penghasilan bersih atau "take home pay" PNS dalam satu tahun akan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan Kenaikan Gaji PNS / ASN yang diterima pada tahun ini. 

Menurut Askolani, kebijakan meniadakan Kenaikan Gaji PNS / ASN tahun 2016  dan menggantinya dengan THR akan berdampak positif secara jangka panjang terhadap penghasilan yang diterima PNS. Apabila masih mengandalkan kenaikan gaji, PNS akan tetap mendapat potongan dari biaya Tunjangan Hari Tua (THT) yang dikelola PT Taspen. Berkaca dari pengalaman, ujar Askolani, dengan kenaikan gaji pokok, kerap terjadi kekurangan dana iuran kepada PT Taspen. Akibatnya, pemerintah yang menanggung kekurangan dana itu. "Misalnya, dalam 5 tahun ada 'unfunded' Rp3 triliun-Rp5 triliun. Itu kita cicil ke Taspen supaya uang pensiunan PNS tidak berkurang. Itulah dampaknya kalau gaji pokok naik," kata Askolani. Menurut Askolani dengan ditiadakannya kenaikan gaji pokok ini juga akan membantu mengurangi beban risiko fiskal pemerintah. "Cost jangka menengahnya jadi lebih ringan dibandingkan dengan memberikan gaji pokok," kata Askolani

Dalam RAPBN 2016, pemerintah mengusulkan belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.339 triliun, yang terdiri dari belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp780,4 triliun dan belanja non-K/L sebesar Rp558 triliun.


Selain diberikan gaji ke-14 atau THR sebesar satu kali gaji pokok sebagai penggganti Kenaikan Gaji PNS / ASN tahun 2016, PNS juga akan menerima gaji Ke 13. Direktur Penyusunan APBN Kemenkeu, Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyatakan "Pemerintah melaksanakan kewajiban memberi THR pada pegawainya. Tapi beda dengan gaji ke-13. Karena gaji ke-13 itu adalah hak, karena kita menghitungnya 1 tahun ada 52 minggu, itu berarti sama dengan 13 bulan," ucap Kunta.   Ia menambahkan, seluruh PNS termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri dan Lembaga Tinggi Negara akan mengantungi THR sebesar gaji masing-masing yang diterima setiap bulan. Sementara pemberian tunjangan tidak masuk dalam THR itu.


Dalam pidato nota keuangan RAPBN 2016 di Gedung DPR, Jumat 14 Agustus 2015 Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa RAPBN tahun 2016 akan diarahkan untuk delapan fokus kerja, yakni

Pertama, melanjutkan kebijakan subsidi yang tepat sasaran dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung pembangunan.

Kedua, meningkatkan efektivitas pelayanan program Sistem Jaminan Sosial Nasional di bidang kesehatan. Ketiga, mendukung upaya pemenuhan anggaran kesehatan sebesar lima persen dan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. 

Keempat, dia menjabarkan, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program bantuan sosial yang tepat sasaran.

"Kelima, mendukung desentralisasi fiskal dengan mengalihkan alokasi Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan ke Dana Alokasi Khusus," ujarnya. 

Keenam, melanjutkan kebijakan efisiensi pada belanja operasional dan penajaman belanja non-operasional. Ketujuh, menyediakan dukungan bagi pelaksanaan Program Sejuta Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Kedelapan, mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur negara dengan memperhatikan tingkat inflasi untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik.

Pemerintah berencana menghapus kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil /PNS / ASN di 2016 nanti. Sebagai gantinya, maka pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) di luar gaji ke-13 bagi para PNS.

Melansir Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016, pemerintah tidak hanya memberikan THR bagi para PNS yang aktif, namun juga kepada para PNS non-aktif.

"Untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah dengan memerhatikan tingkat inflasi, maka untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik akan diberikan pemberian tunjangan hari raya," demikian isi Nota Keuangan 2016 tersebut, Jumat (14/8/2015).

Pemerintah telah menghapus anggaran kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil / PNS atau ASN dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Meski demikian, pemerintah telah menganggarkan THR untuk kompensasi dari penghapusan tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menyatakan, pihaknya memang telah menghapus anggaran untuk kenaikan  gaji PNS / ASN tahun 2015. Padahal, sebelumnya kenaikan tersebut selalu ada setiap tahunnya.


"PNS akan mendapatkan THR yang baru untuk 2016," ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro Jumat (14/8/2015). di Gedung MPR/DPR, Jakarta Selatan. 


Adapun besaran THR yang akan diberikan adalah satu kali gaji pokok bagi PNS/TNI/Polri. "Dan sebesar 50 persen pensiun pokok bagi para pensiunan," jelas keterangan tersebut.

Selain itu, pemerintah juga masih berkomitmen menjaga jumlah PNS untuk tetap mengacu pada prinsip zero growth dan berbasis kompetensi. "Dengan tetap memerhatikan prioritas kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan," jelas Nota Keuangan tersebut.


Tentang Gaji PNS/ASN Tahun 2015 yang akan dijadikan Dasar Pemberian Gaji Ke-14 (THR) tahun 2015 


Ketentuan gaji PNS tahun 2015 tertuang PP atau Peraturan Pemerintah no 30 tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh  Belas  Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai  Negeri Sipil yang ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 30 TAHUN 2015 tahun 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji PNS mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.

Berikut ini gaji Pokok PNS golongan I pasca kenaikan Gaji PNS tahun 2015 sesuai PP NO 30 TAHUN 2015
Gaji Pokok PNS Gol. I Sesuai PP No 30 tahun 2015 tentang Kenaikan Gaji PNS Tahun 2015

Berikut ini gaji Pokok PNS golongan II pasca kenaikan Gaji PNS tahun 2015 sesuai PP NO 30 TAHUN 2015
Gaji Pokok PNS Gol. II Sesuai PP No 30 tahun 2015 tentang Kenaikan Gaji PNS Tahun 2015

Berikut ini gaji Pokok PNS golongan III pasca kenaikan Gaji PNS tahun 2015 sesuai PP NO 30 TAHUN 2015
Gaji Pokok PNS Gol. III Sesuai PP No 30 tahun 2015 tentang Kenaikan Gaji PNS Tahun 2015


Berikut ini gaji Pokok PNS golongan IV pasca kenaikan Gaji PNS tahun 2015 sesuai PP NO 30 TAHUN 2015 
Gaji Pokok PNS Gol. IV Sesuai PP No 30 tahun 2015 tentang Kenaikan Gaji PNS Tahun 2015


DOWNLOAD PP NO 30 TAHUN 2015TENTANG KENAIKAN GAJI PNS 2015 (klik disini)



INFO KENAIKAN GAJI ANGGOTA TNI


Selain kenaikan gaji PNS, Pemerintah juga telah memastikan kenaikan gaji TNI tahun 2015 dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia. PP Nomor 31 tentang Kenaikan Gaji TNI Tahun 2015 ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 31 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji TNI tahun 2015 mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.

PP No 31 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji TNI Tahun 2015

Berikut ini Daftar Gaji Pokok TNI golongan I sesuai PP NO 31 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok TNI tahun 2015
Gaji Pokok TNI Gol I Sesuai PP No 31 Tahun 2015


Berikut ini Daftar Gaji Pokok TNI golongan II sesuai PP NO 31 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok TNI tahun 2015
Gaji Pokok TNI Gol II Sesuai PP No 31 Tahun 2015


Berikut ini Daftar Gaji Pokok TNI golongan III sesuai PP NO 31 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok TNI tahun 2015
Gaji Pokok TNI Gol III Sesuai PP No 31 Tahun 2015


Berikut ini Daftar Gaji Pokok TNI golongan IV sesuai PP NO 31 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok TNI tahun 2015
Gaji Pokok TNI Gol IV Sesuai PP No 31 Tahun 2015



Berikut ini link Download PP No 31 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji Tni Tahun 2015




INFO KENAIKAN GAJI ANGGOTA POLRI

Di atas telah dinformasikan dasar hukum Kenaikan Gaji PNS tahun 2015, Kenaikan Gaji TNI tahun 2015. Berikutnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Republik Indonesia. PP Nomor 32 tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015 ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 32 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji POLRI tahun 2015 mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.


PP No 32 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015

Berikut ini Daftar Gaji Pokok POLRI golongan I sesuai PP NO 32 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok POLRI tahun 2015
Gaji Pokok POLRI Gol I Sesuai PP No 32 Tahun 2015

Berikut ini Daftar Gaji Pokok POLRI golongan II sesuai PP NO 32 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok POLRI tahun 2015
Gaji Pokok POLRI Gol II Sesuai PP No 32 Tahun 2015


Berikut ini Daftar Gaji Pokok POLRI golongan III sesuai PP NO 32 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok POLRI tahun 2015
Gaji Pokok POLRI Gol III Sesuai PP No 32 Tahun 2015


Berikut ini Daftar Gaji Pokok POLRI golongan IV sesuai PP NO 32 TAHUN 2015 tetang Kenaikan gaji Pokok POLRI tahun 2015
Gaji Pokok POLRI Gol IV Sesuai PP No 32 Tahun 2015

Berikut ini link Download PP No 32 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015




Terima kasih Anda telah membaca info Gaji PNS / ASN 2017 2018 2019 2020


= Baca Juga =



Blog, Updated at: 8:11 AM

199 comments:

  1. Mudah-mudahan rencana kenaikan gaji PNS tahun 2015 dapat direalisasikan

    ReplyDelete
  2. Amin, mudahan-mudahan kenaikan gaji PNS tahun 2015 dapat meningkatkan motivasi dan disiplin kerja pegawai

    ReplyDelete
  3. Kita tunggu realisasinya, mudah-mudahan kenaikan gaji PNS 2015 bisa lebih dari 6% dan Gaji ke 13 di tahun 2015 tetap dilaksankan pada bulan Juli.2015 nanti

    ReplyDelete
  4. Trimks gan atas infonya. Mudahan-mudahan rencana kenaikan gaji PNS TNI dan POLRI 2015 serta Gaji Ke 13 tahun 2015 bisa terlaksana tepat waktu

    ReplyDelete
  5. Amin..... mudah2an dapat terealisasi

    ReplyDelete
  6. Bagaimana nasib honorer yg sudah mngabdi lma..yg tugasnya sama ma pns....mlahan honorer yg bnyak kerjanya.....gaji honorer dsini blm....umr......pgn sk bupati aj susahnya.....ingin punya nuptk kan hrs da sk bupati or wLikota.....tolong lpmp....bijaksana sedikit lahhh....

    ReplyDelete
  7. Gmna niii sukwannn yg blm d angkat...dah lma jg mngabdi

    ReplyDelete
  8. semoga gajine tambah akeh dan berkah

    ReplyDelete
  9. Tetap optimis dgn berbagai kebijakan yg mengarah pd pensejahteraan PNS, TNI dan POLRI. Tetapi pesimis kl penggajian berdasarkan kinerja kl sistem penilaian seperti yg sekarang ini...perlu revolusi mental buat yg menilai dan yg dinilai..

    ReplyDelete
  10. Semoga tidak ada penghapusan kenaikan gaji PNS yang rutin setiap tahunnya dilakukan oleh pemerintah.. Krn sebagai perkiraan untuk memgimbangi inflasi.. Dan gaji 13 tidak di hapus...

    ReplyDelete
  11. bersyukur lah saudara2 yang menjadi PNS, TNI, POLRI....aku yang malang...

    ReplyDelete
  12. Untuk uang makan harus seragam. Karena ada daerah yg tidak dapat uang makan dengan alasan otoda dan daerah tidak sanggup bayayarkan uang makan pnsd

    ReplyDelete
  13. Kenaikan BBM 30%, layak kah wacana kenaikan gaji PNS,TNI,POLRI hanya 6% ? Sedangkan kenaikan harga Sembako saat ini sudah naik lebih dari 30%...

    ReplyDelete
  14. Info yang menarik. Salam kenal.

    ReplyDelete
  15. Kepastiannya tinggal tunggu PP-nya. Akan tetapi, apa pun yang diputuskan nanti, mari kita tetap semangat dalam bekerja dan bekeja dalam semangat. Mari kita niat kerja kita sebagai bentuk ibadah kita kepada Yang Mahakuasa dan Maha Penentu.

    ReplyDelete
  16. Alihkanlah subsidi BBM untuk kenaikan Gaji ASN, Polri and TNI, krn mereka bergaji dibawah standar kebutuhan sehari-hari. Shg hampir semua ASN punya utang dimana mana..pikir dong pak gmn membuat kami bangga akan perhatianmu thd kesejahteraan kami...

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah...namun apakah layak kenaikan 6% utamanya utk Guru. Lihat gj anggota Dewan serta dampak naiknya BBM....Semangat utkmu Guru.....

    ReplyDelete
  18. Semoga dapat terealisasikan sesuai rencana

    ReplyDelete
  19. mudah-mudahan benar adanya dan berkah amin ya allah...,

    ReplyDelete
  20. bersykrlh bgi yg sdh pns, smntra kmi2 yg hnrer kpn dpt gji yg lyak... mdh2n pmrnth mmrhtkn nsb kmi, amiiin

    ReplyDelete
  21. Trusss potongan dana sosialnya 8%.. ? - 2% donk

    ReplyDelete
  22. Ya naik 6%, Tapi potongan dana sosialnya 8%, rugi 2% donk..
    Belum lagi dampak didengar pasar... harga langsung naik...
    ditempat saya.. gak berani masuk kantin dengan laukpauk 15rb saat ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener..dinaikin pun tetap besar pasak dari pada tiang,,gaji yang naik tapi harga bahan pokok juga naik..bukannya ga bersyukur,,tp emng begitulah kenyataannya..

      Delete
    2. Bedanya kalau naik gaji, akan mempengaruhi/terbawa besaran gaji pokoknya saat pensiun.
      Misal gaji pokok saat ini 1.200 ribu rupiah, padahal pensiun anggap masih 5 tahun, maka nanti pensiun gaji pokok tetap seperti itu, padahal infalsi selama 5 tahun telah mencapai 25% (dirata-rata 5%/tahun), sebab kenaikan gaji PNS tidak sama dengan swasta gaji mereka benar-benar tergantung pada pangkat/golongan. Yang golingan I, II kalau pada kurun waktu terebut tidak pernah naik pangkat/golongan ya 5, sampai 10 tahun mendatang hanya segitu gajinya adilkah itu? Walau sedikit sebetulnya tetap adil yang naik gaji tiap tahun, Tetapi itu semua terserah pemrintah.

      Delete
  23. Bila mau pangkas anggaran.. menurut saya! Jgn ada remonerasi.. udah cukup gaji aja.. toh yg dapat di lingkungan pusat aja.. daerah ngak ada tuh..

    ReplyDelete
  24. Sama jg bo ong, Bbm ga naik, gj jg naik 6%, Bbm naik, gj jg naik 6%. Ga da istimewa atas presden baru, malah mundur. Harga brg kan dah naik 30%. Apa itu namanya sejahtera ? Jauuuuhhh dari sejatera sodara2

    ReplyDelete
  25. lumayan, gaji guru jadi berapa bisa mencapai 10 juta lebih ... sayang guru masih menjadi pecundang

    ReplyDelete
  26. yg komen d sini udah pasti pns semua...xixixi

    ReplyDelete
  27. Pantasnya kenaikan gaji 30%, jd imbang dg kenaikan BBM saat ini.

    ReplyDelete
  28. Sedih bagi yg honorer gaji cuman 600 ribu sejak 2005 yg lalu,sampai saat ini gak ada sedikitpun perhatian nya kepada mereka..pemerintah pusat,tingkat 1 prop,sampai ke tingkat 2 kab,.

    ReplyDelete

  29. saya lebih prihatin dengan nasib guru honorer
    perhatikanlah guru honorer,,,
    mereka juga mempunyai tanggungjawab yang sama dengan guru pns

    ReplyDelete
  30. bagiku kenaikan gaji ini gak ada korelasi dengan kenaikan harga barang dan sembako saat ini, dan gaji PNS sekarang sudah seperti itu.......

    ReplyDelete
  31. Knaikan 6% tu lumayanlah.. dr pada ga naik??? Di syukuri aja.. resiko jadi pns ya hrus siap hdup sederhana.. kalau mau sekolahin anak terpaksa sk yg nangkring di bank..

    ReplyDelete
  32. Sayangx tunjangan makan tidak semua daerah menerapkannya

    ReplyDelete
  33. Sayangnya tidak semua pns daerah mendapatkan tunjangan makan

    ReplyDelete
  34. uang makan itu perlu,,, pa lagi yang wilayah kerja nya jauh dari rumah, nggak mungkin siang plang ke rumah

    ReplyDelete
  35. kenaikan 6% tp inflasi 2014 hampir 8%..uang makan didaerah tdk dapat lg...

    ReplyDelete
  36. pns mo naik gaji sampai kiamat pun ndak bakal kaya raya. mendingan elo pns-pns ikut guwa instalasi kabel listrik, kabel fiber optik, kabel CCTV dan kabel jaringan komputer di balikabel.co.id .

    ReplyDelete
  37. Bagaimana dg pensijn PNS apa juga ada kenaikan pokok pensiunya ?

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah, mudah-mudahan kenaikan gaji pns 2015 dan gaji ke 13 2015 bisa terrealisasikan. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

    ReplyDelete
  39. jujur saja, kalau saya MALU BANGET membahas gaji PNS di "tempat umum". alasannya apa? tidak perlu disebutkan karena akan lebih memalukan...

    ReplyDelete
  40. Perasaan sm aja ya, thn 2014 naik 6% thn 2015 6% ...
    Apa istimewanya.. gaji.13 naik ya yg pst ttp aja sm gaji yg ditrm..
    Tp mdh2an blk presiden n instansi terkait, bs mengerti sm keadaan pns didaerah,
    Semogaaaaa

    ReplyDelete
  41. Apapun keputusan tetang kenaikan Gaji berarti itulah keputuan terbaik yg Allah brrikan kepada para penentu kebijakan itu patutu kita syukuri, mudah-mudahan apa yag telah kita lakukan atau kerjkan senantiasa diridoi oleh Allah sebagai amal kebaikan kita.

    ReplyDelete
  42. mendingan dihentikan aja uang makan, daripada dianggarkan di APBN tapi nyatanya pns daerah ada yang tidak diterimakan. kalo alasan pembangunan ya ... jgn atas namakan uang makan pns. sehingga dana untuk pembangunan jelas. tlg. pemerintah pusat dapat memikiirkan sampainya uang makan pns ke tangan para pns2 daerah.

    ReplyDelete
  43. Semuga ada Presiden masa depan yang menghargai dan mempersamakan prosentase kenaikan gaji Pensiunan dengan PNS aktif seperti Jaman dulu kala ?

    ReplyDelete
  44. Semuga ada Presiden masa depan yang menghargai Pensiunan dengan PNS aktif dalam hal kebijakan prosentase Kenaikan gajinya seperti jaman dulu kala. Semuga

    ReplyDelete
  45. moga-moga berkah dan kinerja semakin ok

    ReplyDelete
  46. PNS naik dikit rame, padahal dibandingkan dengan pegawai swasta gajinya jauh lebih kecil

    ReplyDelete
  47. kenaikan gaji PNS bukan hal yg aneh, kayanya hampir stiap thn deh atau 2 thn gaji PNS naik. biasa aja x. inti nya bersyukur sama allah swt.

    ReplyDelete
  48. Alhamdullilah,, klu gaji naik, cuman jangan 6 % karena barang naik lebih besar dari 6 %, .sebagian besar guru ditemapat saya, gajinya tinggal sedikit, karena sdh dipotong pinjaman bank, akibat banyaknya kebutuhan , seperti biaya pendidikan, membangun rumah, keredit motor dll. Trms.

    ReplyDelete
  49. Untuk tenaga horoner yg masa kerjanya dh lama + byk kerjanya semoga tetap dipertahankan.. kalau diangkat PNS nanti ikutan mls kerja.

    ReplyDelete
  50. alhamdulillah, dipertahankan. untuk golongan baru seperti saya itu sudah cukup :) terimakasih :)

    ReplyDelete
  51. Kpan realisasi kenaikan gaji.. Bbm turun tp Kebutuhan pangan msh tinggi, apalagi pns daerah tmbh sengsara saja

    ReplyDelete
  52. Trima kasih informasinya, semoga harga kebutuhab se- hari2 tetap stabil

    ReplyDelete
  53. Kabarnya pemerintah akan menghapus Tunjangan Istri dan Tunjangan Anak dari daftar gaji

    ReplyDelete
  54. Perhatiiin jg donk para honorerx karena mrk pxa beban yg sama dgn pns.d tempat q saja para honorer lebih aktif masuk kerja d bandingkn dgn pnsx

    ReplyDelete
  55. Tetaaaap semangat honorer,,,,,
    Akan indah pada waktux,yg penting kerja dgn ikhlas dan sabar

    ReplyDelete
  56. mudah-mudahan terealisasi ...semangat kerja jalan trus...kerja..kerja..kerja

    ReplyDelete
  57. semoga berkah n kerjanya makin semangat.......

    ReplyDelete
  58. ya syukurin aja kenaikan gaji ini teman masih banyak orang lain yang lebih menderita

    ReplyDelete
  59. rencana kenaikan gaji pns di realisasinya kapan ????
    kalau benar2 alhamdlillah yaa sesuatu bnget....

    ReplyDelete
  60. Kalau bisa naikan gaji PNS Vertikal di PAPUA

    ReplyDelete
  61. Naaah loo ne buknnya dah 2015 y?????????????, ,..bulannya jg dah jalan ampe bulan ke 3,..koq masih aja jd pembahasan mulu tu kenaikan gaji yang super dahsyat 6%,mestinya buknnya dah waktunya keputusan lo dah 2015,kan katanya pelaksanaan tahun 2015,..ntr di butakan lg ne para PNS ma BAPAK2 di atas sana,..di bahas mulu realisasi qtmu titik nya tahun 2016,..lewaaaaaaaat dah 2015 nya,..Haaciiiiiiiimm....jd pengn bersin...!!

    ReplyDelete
  62. Ach bullshit,, gaji pokok PNS aja malahan dibawah UMR dikit... Hahhahaa

    ReplyDelete
  63. Semoga pasangan Jokowi - JK mampu dan diberi kekuatan untuk mewujudkan kenaikan gaji PNS dan pemberian gaji ke - 13 nya. Amiin

    ReplyDelete
  64. Bagaimana nasib honorer yg terdaftar di K2,,,,,,,,,,,, tolooooooooong kami pak,,,,

    ReplyDelete
  65. gaji terendan PNS PEMDA DKI 17 Juta, naik 6% buat PNS pusat dan daerah diluar DKI jadi jigong doang, mikir odng pake otak......,

    ReplyDelete
  66. Gaji PNS tiap wilayah daerah samaa ato beda ya

    ReplyDelete
  67. Gaji di Papua seharusnya 2kali lipat baik PNS, Polri dan TNI. Biar bisa makan. 1 sak semen aja sekarang Rp.5.500.000,00. enak yang di Jawa

    ReplyDelete
  68. PNS itu kan yang Hidup Enak cuma di Jakarta kalo lain daerah bukan PNS...tapi Relawan Masbro....hahahahaha.....Syukuri apa yang ada...!!??? Moga2 Presiden dan Wakil Rakyat yang dipusat tau...ga cuma sidak di Jakarta aja dong....!!???

    ReplyDelete
  69. ayo tingkatkan prestasimu dan kualitas kerja masing masing, masa gaji naik trus tidak diimbangi dengan kualitas kerja, malu donk ??

    ReplyDelete
  70. REALISASI KENAIKAN GAJI PNS, TNI/POLRI DAN PENSIUNAN segera keluarkan PP dan Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Negera, karena di Kementerian PAN RB dan Ditjen Perbendaharaan punya dan banyak tenaga/staf ahli untuk merealisasikannya, kerja...kerja....kerja.

    ReplyDelete
  71. Kapan knaikan gaji pns tahun 2015 direalisasikan. sekarang sudah mau masuk mei, tapi belum ada juklak dan juknisnya. Bagaimana pa menpan, apakah kami pns harus demo supaya kenaikan gaji bisa direalisasikan. Pemerintah jangan main-main dengan PNS, bagaimana kalau PNS mogok kerja, bahaya negara

    ReplyDelete
  72. Menpan RB yg satu ini... Galau tingkat dewa

    ReplyDelete
  73. sEBAGAI PNS. SAYA CUKUP SENYUM. MASYARAKAT INDONESIA JUGA TAU. APA ITU 6% DAN APA ITU HARGA BARANG. SENYUM... TUK BAPAK YANG MEMBERI 6% SIAPA DIA?????? MARI KITA SENYUM...MESKIPUN KITA TAU NASIP KITA... MARI SENYUM... TAPI GAK BOLEH SENYUM ASAL SENYUM... SALAM SENYUM

    ReplyDelete
  74. Semoga berkah...n jgn lupa sisihkan sebagian untuk faqir miskin n anak yatim

    ReplyDelete
  75. Semoga berkah .....n jgn lupa sisihkan sebagian utk faqir miskin n anak yatim

    ReplyDelete
  76. Sebelum Gaji para PNS naik, BBM, TDL, LPG, Suku bunga Bank Ongkos angkutan, Kebutuhan pokok, Dolar, sudah naik duluan, belum lagi kalau ada rumor kenaikan gaji PNS/ANS mau naik, secara otomatis kebutuhan se-hari2 akan naik, jadi kenaikan gaji PNS/ANS gak ada artinya, bisa2 IMPAS atau bahkan defisit. CAPEK DEH >>>>!!!!!!

    ReplyDelete
  77. Aneh tapi Nyata
    Klo Pemerintahan sebelumnya Kenaikan gaji dah ada kjelasannya klo dah bulan April.
    tapi dipemeritahan skarang... kok ada kjelasannya
    ini yang salah Menteri nya atau Presidennya Ya....?????????????????????

    ReplyDelete
  78. jangan senang dengan naik 6%,,paling juga naik 200Rb...,karna biaya hidup sudah selangit.....mudah2an negeri ini di pimpin oleh pemimpin dan penjabat yang mensejhtrakan warganya

    ReplyDelete
  79. Zaman sekarang, kalau cuma suami aja yg kerja apalagi cuma pns doank, di daerah pula... gak bakalan sejahtera... dah jd rahasia umum pns itu terbelit kredit terutama untuk rumah... blom lg untuk biaya pendidikan... "GAK PNS" namanya klo nggak hutang...

    ReplyDelete
  80. mudah mudahan kenaikan gaji cepat terealisasi biasanya pk sby bulan april sdh cair lho untuk kenaikan gajinya

    ReplyDelete
  81. Ada apa hmm.....???, Siapa bilang......hmm.....??? apa....? Kenaikan gaji PNS 2015.....??? Gaji ke 13......? Hmmm.........AKU ORA MIKIR....!!!!!!...Sambil ngeloyor tanpa beban.

    ReplyDelete
  82. mengapa pula tunjangan pns daerah tk II (kelurahan) dg prov dan dki jkt di diskriminasikan...apakah kami yg di daerah hny dianggap pemain cadangan yg bisa tidak dianggap sebagai pemain... kami salut dengan gubernur dki jkt Ahok yg menganggap pns (kelurahan) adalah ujung tombak kelancaran pelayanan kepentingan warga...jika tidak kami di daerah pasti akan mengalami resiko dr warga masyarakat...bagaimana menpan rb/mendagri, apakah kami masih akan diperhitungkan ????

    ReplyDelete
  83. Semoga saja wacana itu bukan sekedar wacana..dan pemerintah bisa konsisten dengan keputusannya.. soalnya, liat aja artikel di atas.. para pejabat gak kompak, ada yg bilang gaji ke-13 akhir juni, ada yg bilang pertengahan juli atau awal agustus.. hadeeeeeeuhhhh... berharap dan berdoa aja, semoga para pembuat kebijakan betul2 paham berapa nilai 6% untuk saat ini.. Jadi jgn bicara kesejahteraan.. itu hanya berlaku utk PNS pusat dan DKI.. buat yg di daerah... sabarrrrrrrrr...

    ReplyDelete
  84. Semoga bukan sekedar wacana... para pejabat dalam artikel di atas aja gak kompak..ada yang bilang gaji ke-13 akhir Juni, ada yg bilang pertengahan Juli atau awal Agustus... hmmm saya hanya bisa berharap dan mendoakan semoga para pembuat kebijakan betul2 paham berapa besar 6% saat ini...Yaaah kita liat aja nanti.. Kalo liat realitas kesejahteraan para PNS/ANS .. yg sejahtera mungkin hanya PNS/ANS pusat dan DKI Jkt.. yg di daerah bagaimana???? Jauuuuuuuuuuuuuuuhhhhhh........

    ReplyDelete
  85. bersyukur aja ....daripada tidak sama sekali .

    ReplyDelete
  86. alhamdulillah.....gaji PNS naik 6%...dan gaji 13 tahun 2015 juga masih ada....semoga pemimpin negeri ini selalu dalam keadaan sehat dalam berpikir, mengambil keputusan dan berkarya dalam bidang keahlian masing-masing... amien....

    ReplyDelete
  87. alhamdulillah.....gaji PNS naik 6%....dan gaji 13 tahun 2015 juga masih ada.....semoga pemimpin negeri ini selalu mendapatkan hidayah, sehat dalam berpikir dan berkarya dalam bidang keahlian masing-masing...amien...

    ReplyDelete
  88. alhamdulillah.....gaji PNS naik 6%...dan gaji 13 tahun 2015 juga masih ada....semoga pemimpin negeri ini selalu dalam keadaan sehat dalam berpikir, mengambil keputusan dan berkarya dalam bidang keahlian masing-masing... amien....

    ReplyDelete
  89. Sabaiknya pemerintah tidak usah menaikkan gaji. Lebih baik diadakan program menurunkan harga seluruh kebutuhan dan harga dollar, sehingga nilai mata uang kita akan meningkat. Kalau menaikkan gaji hanya akan inflasi.

    ReplyDelete
  90. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675 ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    ReplyDelete
  91. kala belum ada pyap baru belum perca

    ReplyDelete
  92. kalau belum ada PP Baru belum percaya

    ReplyDelete
  93. semoga betullllll.................

    ReplyDelete
  94. Yg enak cuma PNS DKI dan TN,I POLRI, Keuangan, Kejaksaan, Kehakiman, Dosen, BUMN

    ReplyDelete
  95. manaaaaaa belum ada realisasinya udah bulan 5 nih

    ReplyDelete
  96. Ya realitanya di daerah,harga2 kebutuhan naik kalau gaji ikut naik pula,karena bbm pun kan naik

    ReplyDelete
  97. logikanya makin banyak uang yang beredar dimasyarakat akan lebih memperlancar roda perekonomian, yang berdampak pada kesejahteraan conthnya disuatu wilayah ada petani, nelayan, pedagang,buruh, tukang,dan lain-lain,barang dan jasa yang mereka tawarkan akan terbeli bila ada uang yang berlebih...dan salah satu pintu masuk uang kemasyarakat kecil hingga ketingkat desa secara rutin adalah dari Gaji PNS

    ReplyDelete
  98. ya mudah mudahan pp nya jadi diterbitkan

    ReplyDelete
  99. ya mudah mudahann pp nya jadi diterbitkan

    ReplyDelete
  100. sejahterakan rakyat dengan menstabilkan perekonomian negara, agar rakyat sejahtera..
    http://kedaiacemaxs.com/pengobatan-tradisional-epilepsi

    ReplyDelete
  101. Alhamdulillah kalau gaji naik, alangkah baiknya harga barang tidak naik. Sebab kalau barang naik dampak dari kenaikan BBM kapan PNS ini sejahtera

    ReplyDelete
  102. saya sudah liat slip gaji untuk bulan juni, tapi kenaikan gaji blm terealisasi...?? gimana mau rapel klo gaji aja blm naik........?? saya mohon kiranya kalo untuk kesejahteraan PNS hendaknya merata sampai ke Pelosok, jangan cuma berkecimpung disekitar Pusat dan Provinsi saja, kita yang dipelosok ujung antara Bengkulu dan Lampung juga mau merasakan klo kita juga Abdi Negara, terima kasih

    ReplyDelete
  103. saya sudah liat slip gaji untuk bulan juni, tapi kenaikan gaji blm terealisasi...?? gimana mau rapel klo gaji aja blm naik........?? saya mohon kiranya kalo untuk kesejahteraan PNS hendaknya merata sampai ke Pelosok, jangan cuma berkecimpung disekitar Pusat dan Provinsi saja, kita yang dipelosok ujung antara Bengkulu dan Lampung juga mau merasakan klo kita juga Abdi Negara, terima kasih

    ReplyDelete
  104. Udah sertifikasi,Kenaikan Gaji PNS 2015 4 %, kerja ga sampai sore... Enak ya jadi PNS.

    ReplyDelete
  105. sebagai PNS, kenaikan gaji merupakan impian yang menggembirakan. tapi tentu harus dibarengi dengan kinerja yang setimpal sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat. jika PNS bergembira karena kenaikan gaji, lalu bagaimana dengan masyarakat?. setiapa ada kenaikan gaji, pasti imbasnya adalah berbagai kenaikan harga barang yang semakin hari menekan daya beli masyarakat. oleh karena itu bagi PNS imbangi kenaikan gaji dengan kinerja yang baik agar didukung oleh masyarakat

    ReplyDelete
  106. biar naik 6% , tetp aja kalah sama gaji buruh pabrik ............

    ReplyDelete
  107. Pemerintah sedang memproses penyelesaian Peraturan Pemerintah (PP) kenaikan gaji 6% untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri. Ditargetkan bulan ini selesai, dan awal Juli bisa segera dicairkan beserta sisa pembayaran gaji sejak Januari 2015. "PP kenaikan gaji diharapkan selesai dalam bulan Juni. Seperti gaji ke 13, direncanakan diterima sebelum lebaran," ungkap Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Marwanto ‎Harjowiryono, sebagaimana dirilis dalam detikFinance pada Selasa 2 Mei 2015. ‎Proses penyelesaian PP tengah dilakukan oleh Kemenkeu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Selanjutkan akan diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk teknis pelaksanaan.

    ReplyDelete
  108. Enak jadi petani. Gak ikut rrrrrrrrrrributttttttt

    ReplyDelete
  109. Enak jd tkw ,kurs dolar naek trusss...yesss is the best,.....7 juta rupiah.per bln

    ReplyDelete
  110. pertanyaan dasar:TANGGAL BERAPA,BULAN APA,TAHUN BERAPA CAIRNYA??????????

    ReplyDelete
  111. terimakasih banyak udah share... mantab

    http://obathernia.infosehatalami.com/

    ReplyDelete
  112. kami tunggu, smoga aja PPnya terbit secepatnya dan bukan hanya wacana

    ReplyDelete
  113. wahai PNS tanganmu ada tanggung jawab, jadilah abdi negara yang baik, kerjakan tugasmu dengan penuh rasa tanggung jawab. jangan hanya datang nongkrong di kantor trus dapet gaji, kami kecewa melihat PNS yang bisanya hanya duduk cerita sampe pulang, ga ada kerjanya karena emang tidak ada program kerja dan tak punya konsep perencanaan yang mantap.

    ReplyDelete
  114. Informasi peluang usaha sumber tambahan penghasilan tanpa mggu kerja bahkan bisa dikerjakan dr rumah tampil sehat cantik n kaya change your life with moment www.momentfaster.com
    pin 55573CAF

    ReplyDelete
  115. pp nomor 30 tahun 2015 dan pp nomor 38 tahun 2015

    ReplyDelete
  116. Alhamdulillah, disyukuri aja walo hanya naik sekitar seratus ribuan aja..., mudah2an bisa menambah belanja tatkala harga2 bahan pangan sudah meroket....

    ReplyDelete
  117. nasib honor dan pns bagaikan bumi dan langit,,saya sebagai honor yg SELALU di tinda di sekolh jam mengajar saya dah 26 jam ,,gaji tidak pernah naik ,terus klau pas waktu ya ngisi rapot aplikasi saya yg mengerjakan semua kls wali kls ya pada duduk manis cuman terima beres

    ReplyDelete
  118. Nice Share gan, semoga bermanfaat dan salam kenal

    PGRI Online

    ReplyDelete
  119. digembar gemborkan, rapelan bulan juni, gaji ke 13 belas bulan juni ( sebelum puasa ) tuh kata bapak bapak itu lo, ee ternyata di pp 38 pasal 4 ayat 2 dikatakan bahwa gaji ke 13 belas dibayarkan setelah bulan juli, la manfaatnya untuk apa itu kan bukan untuk membantu pendidikan lagi jadinya, sebab kami butuh untuk bayar masuk sekolah itu bulan juni pakkkkkk......

    ReplyDelete
  120. sangat bermanfaat....
    untuk para traveling baca dulu negara berbahaya dunia agar anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu. kunjungi http://mojawa.blogspot.in/2015/06/10-negara-berbahaya-di-dunia.html

    ReplyDelete
  121. KAMI MENJUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI TERNATE,BARANG UDAH TEMBUS CAHAYA DAN KERAS DAN PADAT SEMUA TIDAK ADA YANG LUNTUR ,MUDAH DI BENTUK ,KAMI MENJUAL BACAN doko dan PALAMEA SUPER KRISTAL.
    Kami Melayani Pembelian Perkilo dan perons

    Harga :
    1 Ons : 750 Ribu
    5 Ons : 2,5 Juta
    1 Kg : 4,5 Juta

    SETIAP PEMBELIAN PERKILO DAPAT BONUS 1 ONS BATU BACAN DAN BONGKAHAN BATU BACAN UKURANG KECIL
    MELAYANI PEMBELIAN PER KILO DAN PER ONS UNTUK BONGKAHAN
    KITA JUGA MELAYANI PEMBELIAN LUAR DAERAH DAN LUAR KOTA
    Bagi Yg Minat Silahkan Hubungi :
    Tel : 0853-9576-0388 A/N : Lucas Manuel
    Pin BB : 27CA53F4
    kunjungi : http//batu-bacan.webs.com
    Alamat Lengkap :
    Jl.Trans Halmahera No.69 Kel.Taboko Desa.Taboko Kec.Ternate Selatan 97715 Maluku Utara
    Bagi yg Minat Harap Hubungi Secepatnya Karena Stock Terbatas.

    ReplyDelete
  122. Semoga gajinya bisa berkah buat anak cucu. Bekerja lebih giat sebanding dengan gaji sertifikasi guru yang didapat. Amin

    ReplyDelete
  123. okelah kalau begitu................. katan banyak oraang jangan sampai bulan agustuis yyyyyaa paling lama awal agustus... sukses untuk teman2

    ReplyDelete
  124. Terimakasih Infonya mantap

    http://obathernia.utamakansehat.com/

    ReplyDelete
  125. Permission share, good luck.
    Please visit our website:

    http://obatparuparubasah.utamakansehat.com/

    ReplyDelete
  126. TERIMA KASIH INFONYA, MUDAH-MUDAHAN GAJI KE 14 DAPAT DIREALISASIKAN

    ReplyDelete
  127. Amiin, Mudah-mudahan Rencana Pemberian gaji Ke-14 bukan hanya sekedar wacana

    ReplyDelete
  128. Pns pusat dpt remunerasi dan lauk pauk, guru dpt sertifikasi, pns daerah hanya gaji tok, kpn sejahtrranya?

    ReplyDelete
  129. Semoga dengan naiknya gaji pokok semua aparatur negara dapat meningkatkan kualitas hidup dan kualitas pelayanan mereka terhadap masyarakat.

    ReplyDelete
  130. Kalau bisa memilih, saya lebih memilih gaji PNS naik daripada pemberian gaji ke 14 atau THR. Dalam jangka pendek memang gaji ke 14 dapat membantu ekonomi keluarga, tapi dalam jangka panjang apabila gaji PNS tak naik-naik akan semakin membuat kesulitan bagi PNS karena gaji akan tetap dan tidak dapat mengikuti besaran inflasi sehingga nilai gaji semakin kecil. Ini sih akal-akalan pemerintah saja agar gaji PNS tak semakin membebani keuangan negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget..setuju sama pendapat anda....

      Delete
    2. betul tu pak, PNS daerah kayak kami ni cuma dapet gaji lah klo gak naik gimana jadi nya, tolong para pemangku kebijakan tolehlah juga kami PNS daerah jgn yang kementerian ja yang di sejahterakan

      Delete
    3. bagaimana dengan PNS daerah pak ? remun gak ada, tunjangan gak ada, gaji juga gak naik, dari pada gaji 14 lebih baik naik gaji pak, karna gaji 14 dan 13 blm cair harga dah pada naik pak ? tlg pikirkan juga PNS daerah pak jgn PNS tingkat pusat saja

      Delete
  131. menurut saya kenaikan gaji tidak perlu Tiap Tahun karena menyebabkan kenaikan harga-harga bahan pokok dan lain sebagainya, keputusan Pak Jokowi sudah tepat memberikan gaji ke-14 sebagai pengganti THR, menurut saya kenaikan gaji cukup 1 x per 3 tahun namun kenaikan harus signifikan berkisar 15% s.d 25%. trims

    ReplyDelete
  132. semoga guru semakin sejahtera dan berkualitas.

    ReplyDelete
  133. Tampaknya guru semakin makmur nih, adapun guru sudah melakukan registrasi PUPNS?

    ReplyDelete
  134. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/kenali-gejala-hepatitis-b-sejak-dini/

    ReplyDelete
  135. "Hi!.. Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything." Aktual

    ReplyDelete
  136. yang coment yah lumayan rame, tapi bagi pns yang rencana akan sejahtera jangan lupa berbuat amal.

    ReplyDelete
  137. baguslah, tpi biar berarti, tdak percuma, janganlah diiringi kenaikan kebutuhan hidup yang gila-gilaan.

    ReplyDelete
  138. Katanya gajike 14....?????
    Tapi gaji bulanan kita yg pns hanya cukup buat beli lauk tempe sama kangkung aja....itukah yg di katakan oleh sang penguasa " mensejahterakan pns",,,,????????
    Gaji pns saat ini masih jauh di bawah ump lho gan....jangan lupain itu.....apalagi yg punya anak sekolah...bingung juga kan....?????

    ReplyDelete
  139. Tetap bersyukur kepada pemberi rezeki, Allah subhanahuwata'ala.......

    ReplyDelete
  140. pns trus yang naik, honorer kapan ? :(

    ReplyDelete
  141. Kenaikan gaji PNS adalah Wajar pada tahun 2016, karena Biaya hidup semakin meningkat seiring Inflasi yang semakin meningkat. Mau tau berita terbaru seuptar PNS silahkan kunjungi www.beritapns.com

    ReplyDelete
  142. Alhamdulilah ya para PNS cukup sejahtera. Ada gaji pokok, gaji 13, gaji 14, tunjangan jabatan, tunjangan sertifikasi, dll. Sedikitnya ya bisa mengurangi beban di stiap bulannya. Hellow apa kabar dengan honorer? Mereka dituntut kerja lebih giat, harus mengerjakan ini lah, mengerjakan itu lah. Apbla gk masuk jm pelajaran gajinya dipotong. Padahal dibalik itu pikiran mereka selalu terbayang2i uang setoran, kontrakan rumah, dan biaya hidup lainnya, sdangkan gajinya hanya 800rb/bulan. Miris yaah dengernya juga.. Hahaha, padahal mereka itu adalah para generasi pendidik yg dapat MENENTUKAN KUALITAS BANGSA INDONESIA.

    ReplyDelete
  143. 1 tahun itu ada 12 bulan,...jadi kalau gaji ke 13 atau ke 14 itu utk bulan apa?,...kalau mau naikin gaji naikin sj,...jgn2 nanti ada gaji ke 15, ah pusing....

    ReplyDelete
  144. http://finafatmasari-daewoosec.blogspot.co.id/ cara-cara berinvestasi di pasar modal

    ReplyDelete
  145. Kalau bisa memilih, lebih baik kenaikan gaji setiap tahun daripada diberi gaji ke 14.

    ReplyDelete
  146. Saya berharap tunjangan anak minimal 50 % dari gaji pokok. kan anak juga banyak kebutuhannya.

    ReplyDelete
  147. Gaji aja yang dipermasalahkan, pertanyaanya, layak kah kerjanya pns dibayar dengan gaji ke 13 dan 14...
    Dari mana gaji pns dari pajak, siapa yang bayar pajak, rakyat, sudah pantaskah pelayanan terhadap rakyat,
    Sekedar mengingatkan, kalau nanti diakhirat akan ditanya dari mana dan kemana uang mu,
    Naikan kualitas kerja maka akan naik juga hasilmu

    ReplyDelete
  148. Gaji sertifikasi guru triwulan pertama tahun 2016 Kota madya madiun blm dibayar kan sampai sekarang bulan April 2016 datanya Kota madiun Ada pembaharuan sampan sekarang blm selesai Perugia Dina's ditanya tidak tahu

    ReplyDelete
  149. Kapan dibayar kan gaji sertifikasi triwulan pertama 2016 until Kota madya madiun jawa timur

    ReplyDelete
  150. yes gajih pns makin besar. bagimana nasib honorer yah salam sahabtmu http://www.dapodikblog.com/

    ReplyDelete
  151. saya pns ,semoga untuk guru non pns insentifnya juga naik Aamiin,kira2 kapan tpp pns dikota malang cair, kalau non pns sudah cair semua ,semoga secepatnya

    ReplyDelete
  152. Semoga senantiasa berbanding lurus dengan prestasi guru dan prestasi siswanya amin

    ReplyDelete
  153. Semoga tdk diundur tgl pencairannya nanti,,,,krn uang tpg triwulan 1 th 2016 sampai tgl 14 mei 2016,,blom juga dibayarkan (kab.karawang).

    ReplyDelete
  154. Oke makasih banget kunjungi pula blogku http://jadwalshalat22.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  155. mana ni gaji 13 dan gaji 14 belum ada yang cair,,,ah omdong

    ReplyDelete
  156. Terima kasih atas infonya jangan lupa kunjung balik ke laman http://adaformasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  157. Terima kasih atas informasinya jangan lupa berkunjung ke http://infobanten22.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  158. kumpulan soal kurikulum 2013 terlengkap hanya di [URL="http://soalkurikulum2013.com/"]www.soalkurikulum2013.com[/URL]

    ReplyDelete
  159. Terima kasih atas informasinya http://carahiba.blogspot.com/

    ReplyDelete

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB