thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH: UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMPN 1 LEBAK DANA MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, August 8, 2014

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Peningkatan mutu pendidikan pada umumnya pada semua jenjang merupakan suatu keharusan bila dilhat dari kerangka menyiapkan sumber daya manusia Indonesia agar lulusannya mampu bersaing dan dapat mengatasi persoalan­persoalan kehidupan dimasa mendatang (abad XXI). Ciri suatu kondisi yang menyeluruh (global) antara lain adalah tingkat persaingan yang ketat dalam pelbagai sektor kehidupan. Dalam kondisi semacam ini hanya sumber daya manusia yang memiliki "mutu" yang dapat mampu menghadapi persaingan. Sehubungan dengan itu, salah satu aspek yang menjadi perhatian pada Pembangunan Jangka Panjang. Tahap kedua adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pada hakekatnya kualitas sumber daya manusia merupakan subjek dan objek pembangunan yang menentukan.
Blog, Updated at: 9:09 AM
thumbnail

LAPORAN PTS : UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU MELALUI PENERAPAN KONSEP EMASLIM DI SMP NEGERI 1 SURALAYA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, August 6, 2014

BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas pendidikan terus-menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif baik itu dalam skala nasional maupun daerah. Namun dari berbagai faktor mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Meskipun begitu, nampak jelas sebagian sekolah terutama di daerah pelosok belum menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang jelas. Hal ini sungguh memperihatinkan bagi praktisi pemerhati bidang pendidikan.
Blog, Updated at: 9:01 AM
thumbnail

LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA SMP: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELAUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA IX A SMPN 2 BABAKAN SALJU

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, August 5, 2014

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pembelajaran bahasa sangat penting untuk diajarkan di sekolah-sekolah, baik bahasa nasional (Indonesia), bahasa daerah maupun bahasa asing. Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional harus lebih diarahkan pada kemampuan dan keterampilan siswa untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulis. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa yang meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan ini saling berkaitan dan saling melengkapi dalam kegiatan komunikasi.
Blog, Updated at: 8:39 AM
thumbnail

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUm 2013 KELAS VII SMP TEMA: PERISTIWA ALAM SUBTEMA: TSUNAMI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, August 4, 2014

Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VII/2
Materi Pokok             : Teks Eksplanasi
Tema                          : Peristiwa Alam
Subtema                    : Tsunami
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
A.   Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang   Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.5   Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek
3.1   Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
1)     Menentukan kalimat utama
2)     Menentukan ide pokok
3)     menentukan isi teks eksplanasi
4)     menentukan struktur teks eksplanasi
5)     menentukan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
               Indikator
1)        memaknai kata dan istilah dalam teks eksplanasi
2)        menemukan kata sambung

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami

C.   Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat membiasakan menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan sebagai sarana memahami  informasi lisan
2.      Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat membiasakan menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara tulis sebagai sarana memahami  informasi tulis
3.      Selama mengikuti kegiatan pembelajaran siswa menunjukkan perilaku percaya diri dalam pelajaran teks eksplanasi
4.      Selama mengikuti kegiatan pembelajaran siswa menunjukkan perilaku peduli dalam mempelajari teks eksplanasi
5.      Selama mengikuti kegiatan pembelajaran siswa menunjukkan perilaku santun dalam mempelajari teks eksplanasi
6.      Melalui model teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan teman siswa dapat menentukan kalimat utama dalam paragraf teks eksplanasi
7.      Melalui model  teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan teman siswa dapat menentukan ide pokok paragraf teks eksplanasi
8.      Melalui model teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan teman siswa dapat menentukan isi teks eksplanasi
9.      Melalui model teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan teman siswa dapat menentukan struktur teks eksplanasi
10.   Melalui contoh teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan teman siswa dapat menentukan ciri- ciri bahasa teks eksplanasi
11.   Setelah membaca teks eksplanasi, siswa dapat menemukan makna kata/istilah yang belum diketahui maknanya
12.   Setelah membaca teks eksplanasi, siswa dapat menemukan kata sambung

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
D.   Materi Pembelajaran
Ø  Kalimat utama paragraf
Ø  Ide pokok paragraf
Ø  Isi teks eksplanasi
Ø  Struktur teks eksplanasi
Ø  Ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
Ø  Makna kata
Ø  Kata   sambung

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
E.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
        Pendekatan scientific
Metode project based learning, diskusi,  tanya jawab, penugasan,  dan presentasi.

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
F.    Media
1.      Teks puisi
2.      Teks eksplanasi
3.      Gambar/foto

G.   Sumber Belajar
1.      Buku Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII
2.      Internet dan surat kabar

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
H.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama
a.  Kegiatan Pendahuluan
1)        Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)        Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)        Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.  Kegiatan Inti
1)        Untuk menarik minat siswa, guru bertanya tentang teks eksplanasi yang pernah dibaca siswa  
2)        Siswa menjawab dengan percaya diri teks eksplanasi yang pernah dibaca
3)        Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran
4)        Siswa menyebutkan angka 1 sampai 9, lalu siswa bersatu membentuk kelompok kecil sesuai dengan nomor yang sama
5)        Dengan sikap percaya diri dan santun siswa membaca contoh teks eksplanasi Tsunami (buku siswa hlm. 113s.d 114)
6)        Dengan sikap percaya diri, dan santun siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks eksplanasi (tugas 2 pada buku siswa hlm. 114 s.d 116)
7)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan kalimat utama tiap paragraf dalam eks eksplanasi
8)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan ide pokok  tiap paragraf dalam eks eksplanasi
9)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan isi teks eksplanasi
10)    Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan struktur t eks eksplanasi
11)    Dengan sikap percaya diri dan santun siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
12)    Kelompok lain menanggapi dengan santun


c.   Kegiatan Penutup
1)        Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menentukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks eksplanasi
3)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menentukan  ide pokok tiap paragraf dalam teks eksplanasi
4)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menentukan  isi teks eksplanasi
5)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menentukan struktur teks eksplanasi
6)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam menentukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks eksplanasi
7)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam menentukan ide pokok tiap paragraf dalam teks eksplanasi
8)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam menentukan isi  teks eksplanasi
9)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam menentukan struktur teks eksplanasi
10)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

2.     Pertemuan Kedua
a.  Kegiatan Pendahuluan
1)        Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)        Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)        Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.  Kegiatan Inti
1)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
2)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menentukan makna kata/istilah yang belum diketahui maknanya
3)        Melalui model teks eksplanasi, siswa berdiskusi menemukan kata sambung dalam teks eksplanasi
4)        Dengan sikap percaya diri, peduli dan santun, siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
5)        Kelompok lain menanggapi dengan santun

c.   Kegiatan Penutup
1)        Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
3)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami makna kata/istilah dalam teks eksplanasi
4)        Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami kata sambung dalam teks eksplanasi
5)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan penguatan dari guru tentang ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
6)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan penguatan dari guru tentang makna kata/istilah dalam teks eksplanasi
7)        Dengan sikap santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam memahami kata sambung dalam teks eksplanasi
8)        Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tema:  Peristiwa Alam Subtema: Tsunami
3.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.  Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Religius

Pengamatan
Proses



Lembar Pengamatan
2.
Percaya diri

3.
Peduli
4.
Santun

b.  Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Peni-laian
Bentuk Peni-laian
Instrumen
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks eksplanasi
Tes tulis

Tes uraian

Tentukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks eksplanasi “Tsunami”!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan ide pokok tiap paragraf dalam teks eksplanasi
Tes tulis
Tes uraian
Tentukan ide pokok tiap paragraf dalam teks eksplanasi “Tsunami”!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan isi teks eksplanasi
Tes tertulis
Tes uraian
Tentukan isi teks eksplanasi “Tsunami”!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan struktur teks eksplanasi  
Tes tulis

Tes uraian

Tentukan struktur teks eksplanasi “Tsunami”!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
Tes tulis
Tes uraian
Tentukan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menentukan kata/istilah dalam  teks eksplanasi yang belum diketahui maknanya
Tes tertulis
Tes uraian
Temukan kata/istilah dalam  teks eksplanasi yang belum kamu ketahui maknanya!
Melalui model teks eksplanasi, siswa menemukan kata sambung yang terdapat dalam teks eksplanasi
Ter tertulis
Tes uraian
Temukan kata sambung yang terdapat dalam teks eksplanasi Tsunami”!

c.  Pedoman Penskoran

             Soal nomor  1
Aspek
Skor
Siswa menentukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menentukan ide pokok teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal nomor 3
Aspek
Skor
Siswa menentukan isi teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal nomor 4
Aspek
Skor
Siswa menentukan struktur Teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa menentukan ciri-ciri bahasa teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 4
Aspek
Skor
Siswa menemukan kata /istilah yang belum diketahui maknanya

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 5
Aspek
Skor
Siswa menemukan kata sambung dalam teks eksplanasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Bagi Anda yang akan men-download RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 seperti contoh diatas silahkan klik link dibawah ini





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 7:35 AM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB