SOAL UKG BOCOR ?

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, November 15, 2015



Sejumlah soal Uji Kompetensi Guru (UKG) di duga sudah beredar di Kota Bekasi sebelum pelaksanaan ujian dimulai. UKG sendiri dilaksanakan mulai senin (9/11) hingga 19 November mendatang. Di Kota Bekasi UKG di ikuti 17.052 peserta yang dibagi ke 33 lokasi.

Hal ini diakui oleh pengamat pendidikan Kota Bekasi, Imam Kobul Yahya. Kepada Radar Bekasi Imam mengaku, sebelumnya dia sudah mengendus praktik tersebut. Dia, langsung membuat tim untuk melakukan investigasi.

“Saya melihat sendiri soalnya. Kami menduga itu soal akan sama dengan yang diujikan pada UKG,” katanya kepada Radar Bekasi kemarin.

Namun, dia mengaku belum mengetahui dari mana asalnya soal tersebut bisa bocor. Dia menduga, ada operator dari pusat yang mencoba memperjual  belikan soal-soal tersebut. ”Ini kan kewenangan dari pemerintah pusat. Saat ini kami masih mendalami dari mana asalnya bocoran soal tersebut,” tegasnya.

Jika nantinya nilai para guru tersebut diatas 80, meurutnya, maka patut dicurigai adanya bocoran soal tersebut. ”Kalau Cuma satu atau dua orang yang nilainya tinggi itu wajar, tapi kalau merata itu patut dicurigai,” tegasnya.

Sementara itu, pada hari pertama uji kompetensi senin kemarin terlihat lancar. Pantauan Radar Bekasi di SMKN 6 Kota Bekasi dan SMAN 2 Kota Bekasi, para peserta terlihat serius mengerjalan setiap soal yang diujikan.

“Kebetulan SMKN 6 Kota Bekasi menjadi tuan rumah dalam UKG, di hari pertama ini saya melihat berjalan lancar dan tidak ada kendala sema sekali, karena sejak jauh hari sudah mempersiapkannya mulai dari kesiapan ruangan, komputer yang digunakan dan juga jaringan internet yang akan di gunakan oleh guru dalam UKG,” kata Kepala Sekolah SMKN 6 Kota Bekasi Dyah Sulistiana.

Hal yang sama juga di katakan oleh pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi Dwi. Dia mengaku, di hari pertama pelaksaaan UKG berjalan normal. “Untuk di SMKN 6 ini ada 312 peserta dengan durasi 30 menit setiap peserta. Saya lihat tidak ada kendala di hari pertama ini. Saya pun juga memeriksa peserta dari mulai KTP dan juga nomor peserta untuk memastikan tidak adanya guru yang menggunakan joki,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang peserta, Nia Nurmala mengaku tidak mengalami kendala dalam mengerjakan soal yang di berikan secara online. Guru-guru Bahasa Indonesi SMP Al Fatah Bekasi ini mengaku, sebelumnya sudah melakukan persiapan dengan matang untuk mengikuti UKG.

“Tadi saya mengerjakan soal sebanyak 80 soal, dengan soal pilihan ganda. Dan semua saya kerjakan tanpa ada yang tertinggal, dan soal yang di berikan tentang pengetahuan umum dan juga soal inti bidang yang saya pegang sebagai guru bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Terpisah, kepala dinas Pendidikan Kota Bekasi Rudi Sabarudin menambahkan, meskipun berjalan normal namun Disdik Kota Bekasi akan melakukan pengawasan ketat. ”Dari pagi saya sudah melakukan pemantauan,  ada beberapa laporan yang masuk ke saya di hari pertama UKG ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, akan tetapi kami juga akan melakukan antisipasi khawatir ada kendala dalam UKG,” paparnya. 







Blog, Updated at: 5:16 PM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB