thumbnail

DOWNLOAD SURAT RESMI DIRJEN GTK TENTANG PENUTUPAN PORTAL PADAMU NEGERI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, June 30, 2015




Surat Resmi Dirjen GTK tentang Penutupan Portal Padamu Negeri akhir diterbitkan. Surat tersebut diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 16587 / B / PTK / 2015 Tanggal 29 Juni 2015 tentang Surat Edaran tentang penggunaan Dapodik dalam pendataan Guru dan tenaga kependidikan.
Blog, Updated at: 11:20 AM
thumbnail

PETUNJUK TEKNIS PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) / BSM 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, June 29, 2015




Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis atau Juknis PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) atau BSM 2015. Juknis ini merupakan Peraturan Bersama Antara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal Nomor: 1880/C/Pp/2015 Nomor: 795/D/Kep/Tl/2015 Nomor: Per 68/B/Pp/2015 Tentang Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar Tahun 2015 Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal,
Blog, Updated at: 11:46 AM
thumbnail

SELEKSI CPNS TAHUN 2015 KHUSUS GURU BANTU DI DKI JAKARTA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, June 27, 2015




Tahun 2015 ini Pemerintah Ibu Kota Jakarta masih terus menuntaskan persoalan Guru Bantu, yang di daerah lain sebagaian sudah selesai. Tahun 2015 ini DKI Jakarta kembali mengadalan Seleksi CPNS  khusus guru Bantu. Pendapatan peserta seleksi CPNS guru bantu ini dilaksanakan secara online.
Blog, Updated at: 11:55 PM
thumbnail

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES MASUK SMA SMK

Seperti diketahui pada tahun 2016 ini banyak SMA atau SMK yang mengadakan tes masuk untuk menjaring sekaligus menentukan penjurusan atau peminatan bidang IPA/ IPS / Bahasa pada awal masuk tahun ajaran baru
Blog, Updated at: 11:17 PM
thumbnail

MENPAN: PNS BERIJAZAH PALSU TIDAK DIPECAT



Terkait sanksi yang akan diberikan bagi PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, pegawai negeri sipil (PNS) yang ketahuan berijazah palsu tidak akan dipecat, melainkan hanya diturunkan kepangkatannya saja.
Blog, Updated at: 9:09 AM
thumbnail

PERMENDIKBUD TENTANG KENTENTUAN LEGALISIR / PENGESAHAN FOTOKOPI IJAZAH / SURAT TANDA TAMAT BELAJAR

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, June 26, 2015





Saat ini dibeberapa instansi sedang dilakukan permeriksaan ijazah, oleh karena itu para pegawai diminta melampirkan dokumentasi Ijazah berupa foto copy ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Berikut ini ketentuan resmi tentang legalisir atau pengesahan foto copy ijazah yang diatur dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Legalisir Ijazah atau Pengesahan Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar, Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar Dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Serta Permendikbud No 11 tahun 2014 Tentang Pengesahan Fotokopi atau Legalisir Ijazah, Fotokopi Sertifikat Profesi, Fotokopi Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Sertifikat Profesi, dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Sertifikat Profesi Lulusan Perguruan Tinggi
Blog, Updated at: 9:43 AM
thumbnail

ATURAN BARU PEMBERIAN TUNJANGAN PROFESI / SERTFIKASI GURU



Pemberian tunjangan profesi guru (TPG) yang pengukurannya belum dilakukan secara benar, akan diubah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pasalnya, di lapangan TPG masih diberikan merata, yaitu sebesar satu kali gaji tanpa mengukur profesionalitas tenaga pendidiknya.
Blog, Updated at: 3:56 AM
thumbnail

PEMENUHAN JAM MENGAJAR BAGI GURU DI LINGKUNGAN KEMENAG SESUAI KMA NO 103 TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, June 23, 2015




Pada tanggal 25 Mei 2015 Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuudin, telah mengeluarkan regulasi atau aturan terkait beban kerja guru madrasah bersertifikat pendidik. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik.
Blog, Updated at: 2:02 PM
thumbnail

MENDIKBUD PERINTAHKAN DIRJEN GTK TINGKATKAN TUNJUNGAN GURU HONORER



Dalam rangka memenuhi janji untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer, Mendikbud telah memerintahkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk meningkatkan tunjangan guru honorer. Informasi tersebut tersirat dalam rilis informasi yang dimuat .http://edukasi.sindonews.com/ dalam berita yang berjudul Pemerintah Tambah Tunjungan Guru Honorer.
Blog, Updated at: 10:07 AM
thumbnail

DANA BSM QUOTA 2013-2014 YANG BELUM DICAIRKAN HARUS SEGERA DICAIRKAN MAKSIMAL TANGGAL 31 DESEMBER 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, June 22, 2015



Menurut laporan penyaluran dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) per 31 Desember 2014 yang disampaikan oleh bank penyalur, masih terdapat sisa dana BSM tahun anggaran 2013 pada Bank Pembangunan Daerah dan BSM tahun 2014 pada Bank Rakyat Indonesia yang belum dicairkan/diambil oleh siswa yang bersangkutan.
Blog, Updated at: 9:39 AM
thumbnail

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UT 1 JUNI 2015 SAMPAI 8 JULI 2015

br />

Pendaftaran dan Penyerahan Berkas Registrasi Pertama (Mahasiswa Baru) Program Non Pendas Universitas Terbuka (UT) Masa Registrasi 2015.2 telah dimulai 1 Juni 2015 sampai 8 Juli 2015.
Blog, Updated at: 9:33 AM
thumbnail

PNS YANG DIPECAT TAK TERIMA DANA PENSIUN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, June 21, 2015



Sekalipun dana yang sudah diangsur lebih dari 10 tahun, Pegawai negeri sipil (PNS) yang dipecat karena melakukan tindak pidana atau masuk parpol, tidak akan menikmati dana pensiun. 
Blog, Updated at: 7:05 AM
thumbnail

EDARAN MENAKER TENTANG THR TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, June 20, 2015




Surat Edaran Menaker No  7/MEN/VI/2015  tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR Keagamaan dan Himbauan Mudik Lebaran Bersama  disebutkan bahwa pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan kewajiban pengusaha kepada pekerja/buruh. Pembayaran THR ini wajib dilaksanakan secara konsisten dan tepat waktu sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya atau THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.
Blog, Updated at: 10:26 AM
thumbnail

INTEGRASI DAPODIK DAN PADAMU NEGERI SEMAKIN MENDEKATI KENYATAAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, June 18, 2015




Sebagaimana dirilis dalam laman http://dikdas.kemdikbud.go.id/, hadirnya satu sistem pendataan pendidikan akan sangat mempermudah kinerja sekolah yang nota bene merupakan ujung tombak penjaringan data pendidikan. Untuk itu, akan terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatur tentang sistem pendataan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Demikian salah satu butir paparan Supriyatno, Kasubag Data dan Informasi, bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, saat menjadi nara sumber dalam Workshop Bantuan Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan Dasar di Daerah Perbatasan, Terluar, dan Terdepan, serta Daerah Nelayan, Tertinggal, dan Terpencil, di Hotel The Alana, Jawa Timur.
Blog, Updated at: 10:51 PM
thumbnail

LOMBA PENULISAN CERITA RAKYAT 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, June 16, 2015




Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Penulisan Cerita Rakyat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas bercerita di kalangan masyarakat dalam rangka melindungi kekayaan budaya.
Blog, Updated at: 6:13 AM
thumbnail

JADWAL IMSAKIYAH PUASA RAMADHAN 2016 BEBERAPA KOTA BESAR DI INDONESIA

Pengertian imsak atau Istilah Imsak atau IMSAKIYAH diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami mengenai pengertian imsak adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian tersebut kuranglah tepat.
Blog, Updated at: 5:08 AM
thumbnail

LOMBA KREATIVITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, June 13, 2015




Kesempatan untuk berprestasi kembali dibuka untuk guru yang aktif inovatif dan kreatif diseluruh tanah air. Dalam rangka meningkatkan profesional guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengadakan "Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional". Dengan total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juta rupiah).
Blog, Updated at: 7:22 AM
thumbnail

NAWA CITA PRESIDEN JOKO WIDODO (JOKOWI) JUSUF KALLA (JK)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, June 12, 2015



NAWA CITA PRESIDEN JOKO WIDODO  (JOKOWI) JUSUF KALLA  (JK) 2014 - 2019

1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
Blog, Updated at: 10:42 AM
thumbnail

DOWNLOAD PP ATAU PERATURAN PEMERINTAH NO 33 TAHUN 2015 TENTANG PENETAPAN PENSIUN POKOK PENSIUNAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DAN JANDA/DUDANYA




Terkait dengan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 30 Tahun 2015, Pemerintah juga menaikkan Pensiun Pokok PNS Sipil dan Janda/Dudanya atau gaji pensiunan PNS.
Blog, Updated at: 9:09 AM
thumbnail

HINDARI KATA JANGAN DAN TIDAK BOLEH DALAM MENDIDIK ANAK

Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi, Psi. menyarankan orangtua untuk menghindari kata "jangan" dan "tidak boleh" dalam melarang anak melakukan sesuatu. 
Blog, Updated at: 6:03 AM
thumbnail

DOWNLOAD PP NO 32 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI POLRI TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, June 10, 2015



PP No 32 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015
Pemerintah akhir memastikan kenaikan gaji TNI tahun 2015 dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Republik Indonesia. PP Nomor 32 tentang Kenaikan Gaji POLRI Tahun 2015 ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 32 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji POLRI tahun 2015 mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 9:01 AM
thumbnail

DOWNLOAD PP NO 31 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI TNI TAHUN 2015

PP No 31 Tahun 2015 Tentang Kenaikan Gaji TNI Tahun 2015
Pemerintah akhir memastikan kenaikan gaji TNI tahun 2015 dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2015 Tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia. PP Nomor 31 tentang Kenaikan Gaji TNI Tahun 2015 ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 31 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji TNI tahun 2015 mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 8:46 AM
thumbnail

DOWNLOAD PP NO 30 TAHUN 2015 TENTANG KENAIKAN GAJI PNS TAHUN 2015


Kepastian Kenaikan gaji PNS tahun 2015 diketahui setelah pemerintah menerbitkan PP atau Peraturan Pemerintah no 30 tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh  Belas  Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai  Negeri Sipil yang ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015. Berdasarkan pasal 2 PP NO 30 TAHUN 2015 tahun 2015 dinyatakan bahwa kenaikan gaji PNS mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015.
Blog, Updated at: 5:44 AM
thumbnail

PP ATAU PERATURAN PEMERINTAH NO 38 TAHUN 2015 TENTANG GAJI KE 13 TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, June 9, 2015

PP No 38 TAHUN 2015 tentang Gaji Ke 13
Peraturan Pemerintah Tentang Pemberian Gaji Ke 13 tahun 2015 Bagi PNS, TNI, POLIRI dan Pensiunan tahun 2015 akhir diterbitkan  oleh dikeluarkanya PP atau Peraturan Pemerintah No Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas Dalam Tahun Anggaran 2015 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Dan Penerima Pensiun /Tunjangan.
Blog, Updated at: 8:52 AM
thumbnail

CARA PENGUJIAN HIPOTESIS PENELITIAN KORELASI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, June 7, 2015


Penelitian korelasi biasanya ditujukan untuk menguji hubungan antara variabel X (variabel bebas) dengan variabel Y atau variabel terikat atau menguji hubungan atau korelasi antara variabel independent atau variabel bebas dengan varibael dependent atau variabel terikat.
Blog, Updated at: 8:46 AM
thumbnail

MEMBACA CEPAT DAN PENGUKURAN KECEPATAN MEMBACA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, June 6, 2015

Hakikat Kecepatan Membaca
Kegiatan membaca mempunyai berbagai tujuan. Bila tujuan yang hendak dicapai adalah dengan cepat dan tepat serta sanggup menanggapi dan memahami sesuatu   yang dituliskan secara efesien, maka faktor kecepatan membaca memegang  peranan yang sangat penting. Hal itu disebabkan membaca secara lambat akan memboroskan waktu dan menyebabkan wacana yang mudah akan terasa sukar. Lain lagi, dengan orang yang dapat membaca cepat akan dapat menghemat waktu dan informasi yang diperoleh akan lebih banyak.
Blog, Updated at: 9:38 AM
thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (SD): UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMTIKA SD KELAS VI

Ini contoh LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (SD): UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMTIKA SD KELAS VI

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dengan melalui tatap muka dan secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan berbagai media. Pembelajaran pada dasarnya merupakan proses sebab akibat. Guru yang mengajar, merupakan penyebab utama bagi terjadinya proses belajar siswa meskipun tidak setiap perbuatan belajar siswa merupakan akibat guru mengajar. Oleh sebab itu, guru sebagai Figure sentral, harus mampu menetapkan strategi / metoda pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan belajar siswa yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Blog, Updated at: 9:35 AM
thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN JUDUL : “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD

Ini contoh Penelitian  Tindakan  Kelas  dengan judul: “Meningkatkan kemampuan  membaca  dan menulis Al-quran siswa  dengan  menggunakan metode demonstrasi di Kelas V SD

BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
Qur’an menurut bahasa adalah “bacaan”. Adapun  definisi al-quran adalah kalam Allah SWT. yang merupakan  mu’jizat  yang diturunkan  (diwahyukan)  kepada Nabi Muhammad SAW. dan  membacanya  adalah  ibadah. Dengan definisi  ini, maka kalam Allah yang  diturunkan  kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad  Saw tidak dinamakan Al-quran.
Blog, Updated at: 9:32 AM
thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGELUARKAN PENDAPAT MELALUI PEMBERIAN PUJIAN PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS VI DI SD

Berikut ini contoh LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGELUARKAN PENDAPAT MELALUI PEMBERIAN PUJIAN PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS VI DI SD

BAB I  PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari siswa, baik sebagai individu maupun sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat, warga negara, dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa (M.Daryono, dkk, 2001: 203).
Blog, Updated at: 9:28 AM
thumbnail

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PENERAPAN PENDEKATAAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (SD)

Berikut ini LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PENERAPAN PENDEKATAAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (SD)

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
            Pada kelas tingkat atas Sekolah Dasar (kelas IV, V dan VI) terjadi penurunan tingkat kreativitas pada anak (Creativity Drop) dan bukan hanya tingkat kreativitas saja tetapi juga penurunan pada nilai hasil belajar anak dibandingkan dengan prestasi yang dicapai pada  kelas Sekolah Dasar awal. Banyak faktor  pengembangan kreativitas dan hasil belajar anak menurun,  umumnya bersumber dari lingkungan di mana siswa dibesarkan yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pada lingkungan sekolah antara lain adalah pelaksanaan kurikulum yang berorientasi pada materi pelajaran (Subject Oriented) cenderung menghambat pengembangan kreativitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kurikulum yang berorientasi pada proses (Process Oriented). Faktor lain adalah bagaimana cara guru melakukan pembelajaran di kelas. Guru yang menerapkan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan akan lebih meningkatkan peluang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya dalam belajar sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik.
Blog, Updated at: 9:24 AM
thumbnail

KONSEP DASAR MATA PELAJARAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)

Berikut uraian terkait KONSEP DASAR MATA PELAJARAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)

1. Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam SD
Sekolah Dasar diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat serta mempersiapkan peserta didik mengikuti pendidikan menengah (UUSPN 1989 Pasal 3).
Blog, Updated at: 9:18 AM
thumbnail

KALIMAT AKTIF DAN KALIMAT PASIF

Kridalaksana berpendapat bahwa dalam pandangan gramatikal, menganggap tata bahasa sebagai subsistem yang hirarkis: Kalimat  hanyalah merupakan salah satu satuan sintaksis yang tetap terikat pada satuan yang lebih besar, atau dapat  berdiri sendiri. Ada kemungkinan secara relatif dalam satuan yang lebih besar kalimat   itu berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, secara aktual dan potensial terdiri dari klausa. Diawali dengan huruf kapital dan diakhiri oleh tanda akhir seperti: titik, tanda seru, tanda tanya, atau tidak ditandai apa-apa di belakangnya (Kridalaksana, 1985:163).
Blog, Updated at: 3:52 AM
thumbnail

MENULIS DESKRIPSI, TEKS LAPORAN DESKRIPSI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, June 5, 2015

Salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pembelajaran menulis di sebagian besar sekolah dari  mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi masih kurang diberikan. Buktinya, dalam pembelajaran di kelas masih ditemukan siswa kurang mampu menuangkan ide atau gagasan dalam karangan. Hal ini disebabkan mungkin guru hanya memberikan teori-teori menulis. Siswa tidak secara langsung diajarkan menulis. Selain itu, buku-buku pegangan dan buku teks pelajaran menulis masih sedikit.
Blog, Updated at: 10:37 AM
thumbnail

JAM KERJA PNS/ASN TNI DAN POLRI SELAMA BULAN RAMADHAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, June 3, 2015




Menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H, pemerintah kembali melakukan pengaturan jam kerja bagi ASN, anggota TNI, dan POLRI. Ketentuan itu dituangkan dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 04/2015 tentang  Penetapan Jam Kerja PNS atau ASN, TNI, dan POLRI pada Bulan Ramadhan tahun 2015.
Blog, Updated at: 6:38 AM
thumbnail

PENGUMUMAN HASIL TES CPNS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, June 2, 2015

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 mengumumkan hasil kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2014 tidak secara serentak. Pengumuman hasil tes CPNS 2014 ini secara resmi dapat diakses melalui Melalui website Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di www.menpan.go.id. Kepala Biro Humas Kemenpan Herman Suryatman menyampaikan, hasil TKD yang diumumkan lewat website merupakan kelulusan. Sebab, yang berhak menetapkan kelulusan adalah Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi. "Kita hanya mengumumkan hasilnya, PPK yang tentukan kelulusannya berdasarkan formasi yang ada," ujarnya.
Blog, Updated at: 10:13 AM
thumbnail

APLIKASI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) SESUAI PERMENPAN RB NO 16 TAHUN 2009

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, June 1, 2015



Berdasarkan Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dijelaskan dalam pasal 1 poin (8) bahwa, Penilaian kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Blog, Updated at: 10:38 AM
thumbnail

APLIKASI DUPAK SESUAI PERMENPAN RB NO 16 TAHUN 2009



Dalam Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 pada poin (7) dijelaskan juga bahwa Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Blog, Updated at: 10:35 AM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB