STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SD MI SDLB SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2016

Setiap lulusan  SD MI SDLB  memiliki  kompetensi pada  tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan:

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD MI SDLB Dimensi Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 

1.  beriman  dan bertakwa kepada Tuhan YME, 
2.  berkarakter, jujur, dan peduli,
3.  bertanggungjawab,
4.  pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
5.  sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

B. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD MI SDLB Dimensi Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan: 
1.  ilmu pengetahuan,
2.  teknologi, 
3.  seni, dan 
4.  budaya. 
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Faktual = Pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Konseptual:= Terminologi/ istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, dan generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Prosedural = Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan Negara

Metakognitif = Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan Negara

C. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD MI SDLB Dimensi Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
1.  kreatif,
2.  produktif, 
3.  kritis, 
4.  mandiri, 
5.  kolaboratif, dan
6. komunikatif  melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post