thumbnail

JUKNIS BEASISWA PRESTASI SMK TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, March 31, 2016

Dalam rangka meningkatkan mutu dan mendukung peningkatan bakat, minat dan prestasi peserta didik SMK serta sebagai ajang promosi SMK, maka diperlukan pemberian penghargaan sebagai stimulan bagi generasi muda agar tertarik menekuni bakat dan minat pada bidangbidang kemampuannya, dan tetap berupaya untuk selalu mengembangkan potensi diri untuk menggapai prestasi terbaik.
Blog, Updated at: 7:58 AM
thumbnail

JUKNIS DANA BANTUAN SEKOLAH SEBAGAI TAMAN PENDIDIKAN TAHUN 2016

Bapak Ibu pengelola SMK, Direktorat Pembinaan SMK memberi perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Kewirausahaan (KWU) di SMK melalui program Bantuan Sekolah Sebagai Taman Pendidikan Siswa SMK. Nilai Bantuan Dana untuk Sekolah sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta) rupiah per sekolah. Dengan kuota 80 SMK yang terpilih se Indonesia
Blog, Updated at: 6:53 AM
thumbnail

PEDOMAN PENGISIAN DATA PADA APLIKASI DAPODIKMEN UNTUK PROSES TUNJANGAN GURU SMA/SMK

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, March 30, 2016

Berikut ini Pedoman Pengisian Data pada Aplikasi Dapodikmen untuk Proses Tunjangan Guru SMA/SMK
Blog, Updated at: 10:04 AM
thumbnail

INFORMASI UMUM PLPG DAN SG-PPG TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, March 29, 2016

Pada 2016 ini sertifikasi guru atau pendidikan profesi guru bagi guru dalam Jabatan (yang sudah diangkat PNS atau yang sudah menjadi guru) akan dilaksanakan dengan 2 pola. Berikut ini 2 (dua) pola sertifikasi guru 2016 yaitu :
Blog, Updated at: 11:12 AM
thumbnail

PEDOMAN KENAIKAN JABATAN/PANGKAT FUNGSIONAL GURU

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, March 26, 2016

Berikut ini Pedoman Dan Persyaratan Kenaikan Jabatan/Pangkat Fungsional Guru

  • Angka kredit yang ditetapkan digunakan sebagai dasar pertimbangan penetapan kenaikan jabatan dan/atau kenaikan pangkat Guru sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
Blog, Updated at: 8:43 PM
thumbnail

PERSYARATAN PENERIMAAN TUNJANGAN INSENTIF DARI KEMNDIKBUD BAGI GURU NON PNS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, March 25, 2016

Kabar gembira bagi rekan guru non PNS yang kiranya akan mendapatkan Tunjangan Insentif Pusat Bagi Guru Non PNS Tahun 2016 dari Kemdikbud pusat, bahwa Daftar Penerima Insentif Pusat Bagi Guru Non PNS tersebut saat ini dalam proses SK. 
Blog, Updated at: 7:46 AM
thumbnail

SOLUSI PERMASALAHAN NUPTK

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, March 24, 2016

Berikut ini SOLUSI PERMASALAHAN NUPTK yang saya COPAS  dari laman resmi NUPTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau di http://gtk.data.kemdikbud.go.id.
Blog, Updated at: 8:06 PM
thumbnail

JADWAL PENDAFTARAN PROGRAM PEMBERIAN BANTUAN BEASISWA S-2 BAGI GURU SMA/SMK TAHUN 2016, BERIKUT CONTOH DOKUMEN BERKAS PENDAFTARAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, March 23, 2016

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bermaksud memperluas kesempatan bagi guru pendidikan menengah untuk meningkatkan kapasitas profesionalnya dengan menyediakan Beasiswa Pendidikan Strata Dua (S-2). Program Pemberian Beasiswa S-2 bagi Guru SMA/SMK yang berstatus PNS dan bukan PNS dan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan yang telah ditetapkan. Pada tahun 2016 ini sasaran atau kuota secara nasional yang akan dibiayai dengan APBN adalah 638 orang.
Blog, Updated at: 6:10 AM
thumbnail

INI INFO TERBARU TENTANG PENERBITAN SKTP DAN PENCAIRAN TPG GURU SD SMP SMA DAN SMK TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, March 22, 2016

Ini informasi tentang Inti Sari Pertemuan Tim Dapodik dan GTK Kemdikbud di Bogor pada  4 Maret 2016 yang mungkin harus diketahui oleh kepala sekolah atau guru

1. Batas sinkron tanggal 29 Pebruari adalah : untuk kepentingan Aneka Tunjangan (bantuan S1, Insentif GBPNS / Pengganti Tunjangan Fungsional Dan Tunjangan Khusus), Perhatikan Baik-Baik Batas Waktu Ini Tidak Termasuk Untuk Tunjangan Profesi.
Blog, Updated at: 7:09 PM
thumbnail

UGM BUKA PENERIMAAN BESAR-BESARAN CALON DOSEN TETAP NON PNS TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, March 21, 2016

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas negeri yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949. Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Universitas Gadjah Mada Merupakan Universitas No. 1 di Indonesia.
Blog, Updated at: 10:13 PM
thumbnail

ZASKIA GOTIK SEBUT LAMBANG SILA KELIMA PANCASILA "BEBEK NUNGGING."

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, March 20, 2016

Ketua Advokasi, Hukum dan HAM Forum Bela Negara (FBN) Bali, Valerian Libert Wangge SH mengaku terkejut dengan candaan pedangdut Zaskia Gotik yang dinilai menghina lambang negara.
Blog, Updated at: 11:03 AM
thumbnail

DOWNLOAD SOAL DAN KUNCI JAWABAN LATIHAN UN SMP BERDASARKAN KISI-KISI UN SMP 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, March 19, 2016

Ujian Nasional atau UN SMP / MTs tahun 2016 atau tahun pelajaran 2015/2016 akan dimulai pada hari Senin tanggal 9 Mei 2016 sampai dengan Kamis 12 Mei 2016. Adapun Jadwal UN SMP / MTs tahun pelajaran 2015/2016 adalah dimulai hari pertama Senin 9 Mei 2016 akan diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada hari selasa 10 Mei 2016 adalah pelajaran Matematika. Sedangkan pada hari rabu 11 Mei 2016 materi soal UN adalah pelajaran bahasa Inggris. Sedangkan pada hari terakhir unas kamis 12 Mei 2016 materi soal ujian adalah materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Blog, Updated at: 9:37 AM
thumbnail

CARA DAN JADWAL PENDAFTARAN KULIAH DI SEKOLAH IKATAN DINAS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, March 15, 2016

DOWNLOAD KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN MASUK PKN STAN BAHAN LATIHAN UM PKN STAN 2016 (Klik disini)


Pada Tahun 2016 ini, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  KempanRB membuka kesempatan kepada putra-putri lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat untuk mengikuti seleksi menjadi siswa/taruna pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Sekolah Ikatan Dinas.
Blog, Updated at: 11:15 AM
thumbnail

KEMDIKBUD BUKA PENERIMAAN CALON GURU UNTUK PENDIDIKAN ANAK-ANAK INDONESIA DI MALAYSIA DAN FILIPINA TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, March 11, 2016


Baca Juga: KEMENAG MEMBUKA SELEKSI GURU DAN STAF ADMINISTRASI UNTUK DITEMPATKAN PADA MAN INSAN CENDEKIA YANG TERSEBAR DI BEBERAPA KOTA KABUPATEN (Klik Di Sini

Tahun 2016 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan melaksanakan rekrutmen calon guru Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebanyak 116 orang.
Blog, Updated at: 9:28 PM
thumbnail

KEMENAG MEMBUKA SELEKSI GURU DAN STAF ADMINISTRASI UNTUK DITEMPATKAN PADA MAN INSAN CENDEKIA YANG TERSEBAR DI BEBERAPA KOTA KABUPATEN



BACA INFO KEMDIKBUD BUKA PENERIMAAN CALON GURU UNTUK PENDIDIKAN ANAK-ANAK INDONESIA DI MALAYSIA DAN FILIPINA TAHUN 2016 (Klik disini)

Pada tahun 2016, Kemenag membuka seleksi penerimaan Guru, Kepala Sekolah dan  Staf Administrasi untuk ditempatkan pada MAN Insan Cendekia yang tersebar di beberapa Kota/kabupaten dengan quota sebanyak 208 orang.
Blog, Updated at: 5:05 PM
thumbnail

ANCAM MENTERI YUDDY, GURU HONORER DITANGKAP POLISI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, March 10, 2016

Seorang guru honorer ditangkap aparat Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya karena mengirimkan ancaman kepada Menpan RB Yuddy Chrisnandi. Pelaku meneror menteri Yuddy dengan ancaman serius, akan membunuhnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan terhadap guru honorer tersebut.

"Betul, Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya telah mengamankan satu orang pelaku yang mengancam Menpan RB Yuddy Chrisnandi. Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa intensif," ujar Iqbal saat dihubungi detikcom, Rabu (9/3/2016).






Pelaku diketahui berinisial M (38), seorang guru honorer di sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Brebes, Jawa Tengah. Pelaku ditangkap di kawasan Brebes, Jateng, kemarin.



Iqbal menjelaskan, pihaknya menangkap pelaku atas dasar laporan polisi bernomor LP/942/II/2016/PMJ/Dit Reskrimsus, tanggal 28 Februari 2016 lalu. Pelapor adalah Sespri Menpan RB, Reza Pahlevi.


"Selama proses penyelidikan, kami tidak pernah mengetahui siapa pengirim ancaman tersebut. Kami baru mengetahui yang bersangkutan adalah guru honorer, setelah yang bersangkutan kami amankan," jelas Iqbal.


Iqbal menambahkan, pelaku mengirimkan pesan singkat ke ponsel pribadi Yuddy dari dua nomor yang berbeda. Dalam SMS-nya itu, pelaku menuliskan kata-kata kotor dan mengancam akan membunuh Menteri Yuddy.


"Ancamannya sangat serius," kata Iqbal tanpa menjelaskan detil isi ancaman tersebut.


Dari pelaku, polisi menyita 1 buah handphone dan 2 buah Sim card yang digunakan untuk mengirim ancaman. Pelaku dijerat dengan Pasal 29 dan atau pasal 27 ayat (3) ITE dan atau pasal 335 dan atau pasal 336 dan atau pasal 310/311 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 9 tahun.


Ini Isi Surat Permintaan Maaf Mashudi untuk Menpan Yuddy Chrisnandi
Mashudi (38), guru honorer asal Brebes, harus berurusan dengan polisi lantaran dituduh mengirim ancaman lewat pesan singkat ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

Salah satu akun jejaring sosial, dengan nama akun Kahar S Cahyono, mengunggah sebuah foto tulisan tangan di secarik kertas dengan nama pembuat surat, Mashudi SPd, lengkap dengan tanda tangannya.
Adapun isi surat yang ditulis Mashudi dengan tulisan tangan di atas secarik kertas usang itu ialah sebagai berikut:

"Aspirasi Buat Pak Menpan RB, Prof. dr Yuddy Krisnandi. "Nasib honorer K2 asli Kabupaten Brebes" Gara-gara SMS tidak menyenangkan kepada Menpan RB (dr. H Yuddy Krisnandi) honorer K2 asli Kabupaten Brebes ditahan di Polda Metro Jaya (Mashudi s.Pd). K2 asli mengabdi di instansi pemerintah selama 16 tahun dengan honor tertinggi tahun 2016: Rp. 350 ribu. Masa penahanan penuh dengan kesengsaraan, 16 tahun kesengsaraan menjadi guru honorer ternyata tidak cukup! Harus dibalas dengan jeruji besi yang penuh dengan teman yang benar-benar melakukan kejahatan, cuma gara-gara SMS tidak menyenangkan.

Ya Allah ampunilah segala dosa-dosaku, bukakanlah pintu hati bapak Menpan RB (Prof. Dr. H Yuddi Krisnandi) dan keluarga, serta staff ahli Menpan, bapak Reza Pahlevi supaya memaafkan dan membebaskan aku dan mengangkat derajatku menjadi PNS.

Mashudi s.Pd bukan teroris, Mashudi s.Pd cuma guru honorer K2 asli Kabupaten Brebes yang ingin jadi PNS mengabdi pada bangsa dan negara Indonesia tercinta. Kepada teman-teman K2 (FHK2I) diseluruh tanah air, mohon dengan sangat aku dibebaskan dari jeruji besi. Mashudi s.Pd tulang punggung keluarga sudah tidak punya orang tua, anak dan istri dirumah nasibnya sengsara gara-gara ayahnya ditahan di Polda Metro Jaya.

Kepada bapak presiden Joko Widodo, mohon dengan sangat K2 asli diangkat sampai tuntas. Mohon dengan sangat Mashudi s.Pd dibebaskan. Keluarga, anak dan istri, murid-murid menunggu kinerja saya aktif kembali di sekolah.

Kepada bapak/ibu: DPR, DPD, PGRI, DPRD Kabupaten Brebes, Bupati Brebes, PGRI Brebes, Dewan Pendidikan Brebes, Dinas Pendidikan Brebes, FHK2I, mohon aku dibebaskan dari tahanan secepatnya!.

Gara-gara ditahan keluargaku sengsara, hutangku bertambah banyak karena Mashudi tulang punggung keluarga."

Surat tersebut dibuat di Jakarta, tertanggal 8 Maret 2016, dan ditandatangani oleh Mashudi SPd. Menanggapi surat tersebut, sekretaris pribadi Yuddy Chrisnandi, Reza Pahlevi, membenarkan isi surat tersebut. 

"Iya, benar, Mashudi membuat surat tersebut dari dalam penjara," ujar Reza di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/3/2016).

Guru honorer di SMAN 1 Ketanggung, Brebes, tersebut dijerat Pasal 29 dan atau Pasal 27 ayat (3) ITE dan atau Pasal 335 dan atau Pasal 336 dan atau Pasal 310/311 KUHP dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun penjara.

Sekertaris Pribadi Menpan RB Cabut Laporan terhadap Guru Honorer yang Ditahan
Sekertaris Pribadi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandy, Reza Pahlevi bersama dengan kuasa hukum Agung Achmad Wijaya mendatangi Polda Metro Jaya untuk mencabut laporan terhadap Mashudi, seorang guru honorer dari Brebes. 

Mashudi dilaporkan oleh Reza lantaran mengirim pesan singkat (SMS) bernada ancaman ke Menpan RB Yuddy.

"Jadi saya datang kemari ditugaskan untuk mencabut apa yang saya laporkan. Pak Menpan sebagai pejabat tinggi negara memaafkan apa yang dilakukan Mashudi," ujar Reza Pahlevi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/3/2016).

Reza menambahkan alasannya mencabut laporannya karena pihak Mashudi telah mengutarakan permintaan maafnya melalui surat tertulis dan video.

"Alasan mencabut karena permohonan maaf. Jadi pak Mashudi mengirimkan surat tertulis dan video permintaan maaf ketika di tahanan dan itu sudah ditunjukkan ke Menpan RB di kantor," tambahnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengungkapkan penangkapan Mashudi berdasarkan laporan dari sekretaris Yuddy, Reza Pahlevi pada 28 Februari 2016 dengan laporan polisi nomor: LP/942/II/2016/PMJ.

Guru honorer di SMAN 1 Ketanggung Brebes tersebut dijerat pasal 29 dan atau pasal 27 ayat (3) ITE dan atau pasal 335 dan atau pasal 336 dan atau pasal 310/311 KUHP dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun penjara.

Sumber: news.detik.com dan megapolitan.kompas.com



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 7:53 AM
thumbnail

BANTUAN BEASISWA S1 UNTUK GURU PAUD/TK

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, March 6, 2016

Beasiswa Kualifikasi Akademik Ke S1 Untuk Guru Paud/Tk atau Bantuan dana pendidikan peningkatan kualifikasi akademik ke S1/D-IV melalui program bantuan dana pendidikan peningkatan kualifikasi S1 adalah pemberian sejumlah dana dari Pemerintah kepada guru PAUD yang berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada jenjang pendidik  anak usia dini baik negeri maupun swasta untuk memperoleh kualifikasi akademik Sarjana.
Blog, Updated at: 9:24 AM
thumbnail

CARA CEK PENYESUAIAN JABATAN GURU DAN PENGAWAS PNS GOLONGAN IVB KE ATAS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, March 5, 2016

Sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, perlu dilakukan penyesuaian jabatan fungsional guru. Teknis  penyesuaian jabatan fungsional guru selanjutnya diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 38 Tahun 2010 Tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru.
Blog, Updated at: 12:35 AM
thumbnail

CARA CEK SK SK PENYESUAIAN JABATAN FUNGSIONAL GURU BUKAN PNS

A. Pengertian Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS
Pemberian kesetaraan jabatan dan pangkat bagi Guru bukan Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disebut Pemberian Kesetaraan bagi GBPNS adalah pengakuan terhadap kualifikasi akademik, masa kerja, dan sertifikat pendidik yang dimiliki guru bukan pegawai negeri sipil yang diformulasikan dengan menggunakan angka kredit, jabatan, dan pangkat yang setara dengan angka kredit, jabatan, dan pangkat pada jabatan fungsional guru pegawai negeri sipil.
Blog, Updated at: 12:30 AM
thumbnail

CARA CEK PENETAPAN ANGKA KREDIT (PAK) GURU DAN PENGAWAS GOL IV MELALUI BIRO KEPEGAWAIAN KEMENDIKBUD

Sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dinyatakan bahwa  kewenangan proses Penetapan Angka Kredit (PAK) bagi guru dan kepala sekolah golongan IVb yang akan naik ke golongan IVc dan seterusnya berada pada Biro Kepegawaian Kemendikbud, sedangkan bagi golongan IVa yang akan naik tingkat ke IVb menjadi kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota atau pemerintah daearah provinsi.
Blog, Updated at: 12:25 AM
thumbnail

PENGUMUMAN SELEKSI LOWONGAN JABATAN ADMINISTRASI DAN JABATAN FUNGSIONAL KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, March 3, 2016

Anda PNS? Bosan dengan pekerjaan yang sekarang atau ingin meningkatkan karier? Jika tertarik silahkan ikut seleksi jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional pada Komisi Aparatur Sipil Negara.  Dalam rangka mengisi lowongan Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di lingkungan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2016, Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional membuka kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, untuk mengikuti Seleksi Pengisian Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional pada Komisi Aparatur Sipil Negara sebagai berikut:
Blog, Updated at: 4:22 PM
thumbnail

PENDAFTARAN ONLINE CALON INSTRUKTUR KURIKULUM 2013 TAHUN 2016

TERNYATA ADA RALAT TERKAIT SELEKSI ATAU PENDAFTARAN CALON INSTRUKTUR KURIKULUM 2013 TAHUN 2016 SILAHKAN BACA RALAT DENGAN MENDOWNLOAD PANDUAN REGISTRASI KURIKULUM 2013 TAHUN 2016  (KLIK DISINI)


Panitia Seleksi (Pansel) Kurikulum 2013 tahun 2016 Kemendikbud mengundang putra-putri terbaik bangsa yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi sebagai Instruktur Kurikulum 2013.

Tugas dan fungsi Instruktur Kurikulum 2013 selengkapnya dapat dilihat pada laman http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/kurikulum2013

Blog, Updated at: 4:27 AM
thumbnail

BEASISWA S2 DARI KEMDIKBUD BAGI GURU SMA/SMK TAHUN 2016

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, March 1, 2016

Berikut ini informasi mengenai Beasiswa S2 dari Kemdikbud bagi Guru SMA/SMK Tahun 2016. Pada tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui  Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan memberikan beasiswa S2 bagi Guru SMA/SMK atau Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Akademik bagi Guru Dikmen tahun 2016.
Blog, Updated at: 3:42 PM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

Zona Iklan

----------------------------

CB